Mengenal Wingko Babat Yang Sebenarnya

Mengenal Wingko Babat Yang Sebenarnya

Mengenal Wingko Babat Yang SebenarnyaMengenal Wingko Babat Yang Sebenarnya

Pasti sebagian kalian tahu tentang makanan ini, apalagi orang dari pulau Jawa terutama Jawa Tengah, makanan ini terkenal di Semarang, Jawa Tengah. Wingko Babat nama makanan tersebut, makanan yang terbuat dari besras ketan, parutan kelapa dan gula biasanya dibentuk dengan bentuk pulat yang kemudian di panggang. Namun jika kalian berpikiran kalau Wingko Babat berasal dari Semarang Jawa Tengah adalah salah. Asal dari makanan Wingko Babat ini dari daerah dengan nama Babat, Kabupaten Lamongan Jawa Timur dan dari asalnya menyebutnya dengan nama Wingko.

Hingga pada tahun 1946 ketika ada peperangan di Babat,

Lamongan hingga membuat sebuah keluarga pindah ke tempat yang lebih aman, dan mereka memilih Semarang Jawa Tengah sebagai tempat tinggal mereka. Dia adalah Loe Lan Hwa dan suaminya bernama The Ek Tjong atau biasa disebut D mujiyono ini kemudian memperkenalkan Wingko ke pada warga sekitar dengan cara mengantarnya ke rumah – rumah warga dan menitipkan ke warung – warung. Hingga masyarakat sangat menyukai makanan ini, lalu nama babat ditambahkan di bagian belakang wingko hingga menjadi Wingko Babat.

Hingga akhirnya pada tahun 1958 mereka mendaftarkan Wingko Babat butannya dengan merek Wingko Babad Kereta Api, entah mengapa mengganti huruf T dengan huruf D. Wingko Babat dapat bertahan hingga 6 hari karena tidak menggunakan bahan pengawet, sampai sekarang Wingko Babat sangat di kenal sebagai makanan wajib jika kita pergi ke Semarang. Tidak lengkap jika kita pergi ke Semarang tikdak membeli Wingko Babat sebagai oleh – oleh atau kita makan sendiri, rasanya yang khas wajib kita mencobanya. Namun bisa juga bagi ibu – ibu yang kreatif membuatnya sendiri dirumah, seperti gambar di atas adalah Wingko Babat buatan ibu saya.

Sumber: https://duniabudidaya.co.id/