Cara Agar Artikel Blog Tidak Bisa DiCopy Paste

Cara Agar Artikel Blog Tidak Bisa DiCopy Paste

Cara Agar Artikel Blog Tidak Bisa DiCopy PasteCara Agar Artikel Blog Tidak Bisa DiCopy Paste

Bagi orang yang masih belajar menjadi penulis blog, merangkai sebuah kalimat agar bisa menjadi sebuah artikel utuh dan memberikan manfaat bagi orang lain adalah usaha yang tidak mudah. Butuh latihan dan latihan agar hasil karyanya terlihat luwes dan bisa dipahami dengan baik oleh pembacanya. Oleh karenanya, ketika hasilnya sudah mulai nampak baik kita pun akan semakin bersemangat untuk menuliskan apa saja yang ada di otak kita.

agar tidak bisa dicopy
via istockphoto.com

Namun sayangnya, hasil kerja keras tersebut kadang kala ternodai oleh para tukang copas tidak bertanggung jawab yang dengan seenaknya mencuri hasil karya kita tersebut. Bahkan tidak jarang dengan teganya mereka menyalin utuh artikel kita untuk diposting ulang di situs miliknya. Perbuatan semacam ini tentu sangat merugikan kita sebagai penulis asli artikel tersebut. Maka, perlu kiranya dilakukan tindakan agar mereka tidak bisa lagi leluasa mencuri artikel kita.

Pada artikel sebelumnya, saya telah membagikan tutorial tentang cara agar link sumber artikel otomatis muncul ketika artikel dicopy paste (Baca: Cara Agar Link Sumber Otomatis Muncul Saat Artikel Dicopy Paste).

Cara tersebut memang tergolong kompromi karena kita hanya mengingatkan mereka agar tidak lupa menyertakan link menuju sumber asli ketika hendak menyalinnya di situsnya. Namun jika dengan cara tersebut mereka tetap membandel, maka langkah berikutnya mungkin anda bisa mengatur agar artikel di blog anda tidak bisa lagi dicopy paste.

Dengan cara ini, harapannya para tukang copy paste tersebut akan kapok dan sadar sehingga mereka bisa lebih menghargai kerja keras seseorang dalam menghasilkan suatu karya yang dibuat dengan susah payah.

Cara Agar Artikel Tidak Bisa DiCopy Paste

Untuk mengatur agar postingan tidak dapat disalin atau dicopy paste, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menambahkan beberapa kode script ke dalam html template anda.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka akun blogger anda.

2. Pilih menu thema dan klik edit html.

3. Cari kode </head> dan letakkan kode berikut ini di atasnya.

<script type=”text/javascript”>if (typeof document.onselectstart!=”undefined”) {document.onselectstart=new Function (“return false”);}else{document.onmousedown=new Function (“return false”);document.onmouseup=new Function (“return true”);}</script >

4. Silahkan simpan kembali template anda.

Setelah script terpasang, anda bisa mengetesnya langsung dengan mencoba menyalin salah satu artikel di blog anda. Hasilnya, artikel pun sudah tidak bisa lagi dicopy paste.

RECENT POSTS