BUDIDAYA SIRIH MERAH DI POT

BUDIDAYA SIRIH MERAH DI POT

BUDIDAYA SIRIH MERAH DI POTBUDIDAYA SIRIH MERAH DI POT

Tanaman sirih merah tergolong tanaman semak yang merambat dan mempunyai banyak manfaat seperti , sebagai anti biotik juga sebagaian di gunakan penyedap masakkan . tetapi pada umumnya tanaman sirih merah di gunakan untuk bahan obat herbal.

Untuk menanam / budidaya , kita bisa melakukannya di rumah dan ditempatkan dipolibag lalu dirambatkan ke pohon yang teduh. Untuk menanam / budidaya sirih merah di pot / polibag berikut ini uraiannya:

Bahan yang perlu di persiapkan antara lain :

Polibag atau pot ukuran sedang kira-kira 30 cm , lubangi bagaian bawah bila masih tertutup,

Bokashi atau kompos diperlukan karena mengandung unsur hara yang diperlukan tanaman , kemudian campur dengan tanah ,perbandingan 1:1 .

Bibit tanaman sirih merah ,ini diperoleh dari sulur atau batang yang sudah cukup berumur , bila memgambil sulurnya , terlebuh dahulu rambatkan sulur pada tanah sampai mengeluarkan akar kemudian baru bisa di potong pada 2 ruas yang mengeluarkan akar , selanjutnya ambil beserta tanah dan akarnya .

Air diperlukan , pilih air yang bersih atau dari mata air .

Cara menanam / budidaya sirih merah di pot / polibag.

Masukkan tanah yang telah bercampur dengan kompos / bokashi kedalam pot / polibag ,lalu taburkan Insektisida furadan 1 sendok makan ,selanjutnya siram dengan air sampai basah merata.

Selanjutnya tancapkan sulur sirih merah yang telah berakar dan beserta tanahnya kedalam pot/ polibag ,kemudian rapatkan dan tambahkan bokashi / kompos disamping tanaman,lalu siram lagi dengan tanah agar menjadi rapat.

Perawatan tanamam sirih merah

Penyiraman dilakukan tiap hari untuk tanaman yang baru, sedangkan bila telah tumbuh dapat dilakukan 2 hari sekali.

Penyulaman dilakukan bila ada tanaman yang mati atau kurang sehat ,diganti dengan tanaman baru.

Pembersihan gulma / rumput liar dilakukan bila ada rumput penggangu dan lakukan penimbunan tanah pada batang bila akar tanaman terlihat akibat penyiraman / kocor.

Pemupukan tanaman sirih merah ,gunakan kompos atau pupuk organik cair (POC) lalu siram dengan air setelah pemupukan, agar cepat meresap.

Pemasangan tali atau kawat untuk merambatkan tanaman ke pohon yang teduh ,ini dilakukan bila tanaman mulai menjalar, kira kira mulai umur 2 minggu.

Panen daun sirih merah

Tanaman sirih merah dapat dipetik daunnya mulai umur 3,5 bulan , tetapi sebaiknya petik sirih merah dilakukan bila daunnya sudah lebat ,agar tanaman tidak terganggu pertumbuhannya.

RECENT POSTS