BUDIDAYA SELADA DI POT

BUDIDAYA SELADA DI POT

BUDIDAYA SELADA DI POTBUDIDAYA SELADA DI POT

Selada atau Lactuca Sativa adalah jenis tanaman sayuran yang dimanfaatkan daunnya untuk lalapan atau salad , selain itu selada mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan .

Tanaman selada hidup di dataran sedang sampai tinggi , biasanya di dataran tinggi , tanaman selada di budidayakan secara luas dan besar, karena ilkim dan cuaca mendukung untuk pertumbuhan yang optimal. Selain di budidayakan dilahan yang luas , tanaman selada juga dapat di budidayakan pada pot �pot / polibag yang disusun berjajar dan bertingkat untuk menghemat tempat .

Untuk menanam / budidaya selada di pot/ polibag sangat mudah , bahan yang perlu dipersiapkan antara lain :

Pot / polibag

Pilih pot / polibag ukuran sedang dengan diameter 25 -30 cm , lubangi bagaian bawah bila masih tertutup.

Tanah dan kompos / bokashi

Tanah dan kompos / bokashi dicampur merata kemudian taburkan insektisida Furadan 2 sendok makan tiap pot /polibag. Untuk mencegah hama dari tanah.

Bibit selada

Pilih biji selada yang sehat dan baik, sebaiknya biji selada disemaikan dulu pada satu / dua polibag, sebarkan biji selada pada polibag merata lalu tutup dengan sedikit tanah, dan sirami merata , satu minggu kemudian atau bila bibit selada tumbuh 7- 8 cm dapat dipindahkan ke pot / polibag penanaman / budidaya.

Air ,sekop kecil ,gembor atau alat siram yang lembut.

Cara menanam / budidaya selada di pot / polibag.

Masukkan tanah yang telah bercampur dengan bokashi / kompos kedalam pot/ polibag , selanjutnya siram sampai basah merata dan selanjutnya tanam bibit selada yang telah berumur 7 � 10 hari atau yang telah tumbuh 4- 5cm . tiap pot / polibag di isi 3 bibit selada , kemudian tanah dirapatkan dengan ditekan dengan tangan.

Perawatan tanaman selada di pot /polibag

Penyiraman dilakukan 1 kali sehari untuk tanaman yang masih baru, siram dengan pancaran yang halus agar tanaman tidak meloncat, untuk penyiraman pada selada yang telah tumbuh dapat dilakukan 2- 3 hari sekali atau melihat keadaan tanah di pot /polibag .

Penyulaman dilakukan bila ada tanaman yang mati atau kurang sehat selanjutnya diganti dengan tanaman yang sehat.

Pemupukan pertama pada tanaman selada dilakukan umur 2 minggu , kemudian 4 minggu dan 6 minggu , gunakan pupuk organik / bokashi atau yang organik cair (POC) lakukan penyiraman setelah pemupukan.

Panen tanaman selada

Tanaman selada dapat dipanen mulai umur 2 bulan , Ciri tanaman selada yang siap dipanen mempunyai jumlah daun yang sudah maksimal ,padat dan rapat . cara panen dengan di potong pangkal batang menggunakan pisau atau sabit atau dengan dicabut bersama akarnya.

Demikian cara menanam / budidaya selada di pot /polibag. Semoga bermanfaat.

 

Sumber: https://obatpenggemukbadan.id/google-pecat-karyawan-penyebar-memo-anti-keberagaman/