Etika bisnis islam

  Etika bisnis islam

Etika bisnis islam adalah suatu norma atau tata cara yang dilakukan dalam bisnis dengan didasari ajaran ajaran yang telah dijelaskan dalam islam, atau sesuai dengan syari’at islam.

Secara sederhana mempelajari etika dalam bisnis berarti mempelajari tentang mana yang baik / buruk, benar / salah dalam dunia bisnis berdasarkan kepada prinsip – prinsip moralitas. Etika bisnis dapat berarti pemikiran atau refleksi tenyang moralitas dalam ekonomi dan bisnis.

Moralitas disini, sebagaimana disinggung diatas berarti: aspek baik / buruk, terpuji / tercela, benar / salah, wajar / tidak wajar, pantas / tidak pantas, dari perilaku manusia. Kemudian dalam kajian etika bisnis Islam susunan adjective diatas  di atas ditambah dengan halal – haram, sebagaimana yang disinyalir oleh husein sahatah.

  1. KETERKAITAN ETIKA DENGAN BISNIS

Secara umum, etika adalah ilmu normatif penuntun hidup manusia, yang memberi perintah apa yang seharusnya kita kerjakan. Maka etika mengarahkan manusia menuju aktualisasi kapasitas terbaiknya. Apalagi dengan tingkat persaingan yang semakin tinggi, kepuasan konsumenlah yang menjadi faktor utama agar perusahaan sustainable dan dapat dipercaya dalam jangka panjang. Konsumen cenderung semakin kritis dengan memperhatikan perilaku perusahaan yang memproduksi barang-barang yang akan mereka konsumsi.

sumber :

https://promo-honda.id/sabak-dari-babylonia-timbulkan-spekulasi-penemu-trigonometri/