Metode Dalam Belajar Bahasa Kedua

Metode Dalam Belajar Bahasa Kedua

Pengertian Bahasa Kedua

  1.  Menurut Chaer dan Agustina

Pemerolehan bahasa kedua adalah rentang bertahap yang dimulai dari menguasai bahasa pertama (B1) ditambah sedikit mengetahui bahasa kedua (B2), lalu penguasaan B2 meningkat secara bertahap, sampai akhirnya penguasaan B2 sama baiknya dengan B1.

  1.  Kholid A. Harras Bahasa kedua adalah bahasa yang diperoleh anak setelah mereka memperoleh bahasa             pertama.
  2. Henry Guntur Tarigan Pemerolehan bahasa kedua diartikan dengan mengajar dan belajar bahasa asing dan atau     bahasa kedua lainnya.
  3. Menurut Dardjowidjojo Pemerolehan bahasa kedua diperoleh melalui proses orang dewasa yang belajar di kelas    adalah pembelajaran secara formal di perbandingkan dengan bahasa permata secara alamiah.
  4. Wikipedia Pemerolehan bahasa kedua adalah proses seseorang belajar bahasa kedua disamping bahasa ibu, mereka mengacu pada aspek sadar dan bawah sadar dari masing-masing proses.

Bahasa kedua atau B2 biasanya mengacu pada semua bahasa yang dipelajari setelah bahasa ibu mereka, yang juga disebut bahasa pertama, B1. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, metode diartikan sebagai sistem perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia secara menyeluruh untuk memilih, mengorganisasikan, dan menyajikan materi pelajaran Bahasa Indonesia secara teratur.  Metode bersifat prosedural. Artinya, penerapan Pembelajaran Bahasa Indonesia harus dikerjakan menurut langkah-langkah yang teratur, bertahap yakni mulai perencanaan pembelajaran, penyajian sampai dengan penilaian dan hasil pembelajaran. Beberapa ciri metode yang baik, yaitu:

1)      Mengundang rasa ingin tahu siswa.

2)      Menantang siswa untuk belajar.

3)      Mengaktifkan mental, fisik, dan psikis siswa.

4)      Memudahkan guru.

5)      Mengembangkan kreativitas siswa.

6)      Mengembangkan pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari.

Sumber :

https://finbarroreilly.com/google-assistant-hadir-di-feature-phone/