Tantu Panggelaran

Table of Contents

Tantu Panggelaran

Ceritanya yaitu dengan menugaskan Brahma dan Wishnu , Bhatara Guru mengisi Pulau Jawa dengan manusia karena pulau itu goncang saja dan para dewa memindahkan gungung Mahameru dari India ke Pulau Jawa .

  1. Calon Arang

Pada masa pemerintahan Airlangga ada seorang janda yang menjadi juru tenung , bernama calon Arang dan mempunyai anak cantik sekali dan tidak ada yang berani meminangnya. Oleh karena itu calon arang merasa terhina dan menyebarkan wabah penyakit di seluruh negara . dan dengan tipu muslihat ia dapt di bunuh oleh Mpu Burada atas permintaan Raja Airlangga.

  1. Karowdrama 
    Sehabis perang besar para Kaurawa di hidupkan kembali . kepada mereka di janjikan kelak akan dapat membalas dendam terhadap para Pandawa .
  2. Bubhukyah

Ada 2 orang bersaudara yang bernama Bramuksa dan Gagang Aking.

  1. Paraton .

Kitab ini dimaksudkan sebagai sejarah , tetapi sangat kurang dapat dipercaya karena isinya lebih bersifat dongeng . mula-mula di uraikan riwayat Ken Arok , penuh dengan kegaiban. Begitu pula dengan raja-raja Singasari lainnya . bagian ke II menguraikan riwayat Raden Wijaya . mulai ikut Kertanegarasampi menjadi raja Majapahit .

 

Sumber :

https://civitas.uns.ac.id/kasiono/jasa-penulis-artikel/