JENIS – JENIS KALIMAT

JENIS – JENIS KALIMAT

JENIS – JENIS KALIMAT

 

JENIS – JENIS KALIMAT

  1. Berdasarkan Pengucapan

Kalimat dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :

  1. Kalimat langsung adalah kalimat yng secara cermat menirukan ucapan orang. Kalimat langsung juga dapat diartikan kalimat yang memberikan bagaimana ucapan dari orang lain (orang ketiga). Kalimat ini biasanya ditandai dengan tanda titik dua (“…”) dan dapat berupa kalimat tanya atau kalimat perintah. Contoh : “saya sangat terkejut” , kata ibu,”karna melihat ular”.
  2. Kalimat tak langsung adalah kalimat yang menceritakan kembali ucapan atau perkataan orang lain. Kalimat tak langsung tidak ditandai dengan tana petik dua dan sedah dirubah menjadi kalimat berita.

Contoh : adik berkata bahwa sepeda itu harus segera dibawa kebengkel

  1. Berasarkan Struktur Gramatikal

Menurut strukturnya, kalimat bahasa indonesia dapat berupa kalimat tunggal dan dapat pula berupa kalimat majemuk.

  1. Kaimat Tunggal

Yaitu kalimat yang terdiri atas satu subjek dan satu predikat.

  1. Kalimat Majemuk setara

Kalimat majemuk setara terjadi dari dua klimat tunggal atau lebih. Kalimat majemuk setara dikelompokkan menjdi 4 jenissebagai berikut.

1)      Dua kalimat tunggal atau lebih dapat dihubungkan oleh kata dan atau serta,jika kalimat tunggal itu sejalan. Dan hasilnya disebut kalimat majemuk setara perjumlahan.

2)      Kedua kalimat tunggal yang berbentuk kalimat setara itu apat dihubungkan oleh kata tetapi jika kalimat itu menunjukan pertentangan,dan hasilnya disebut kalimat majemuk setara pertentangan. Kata-kata penghubung lain yang dapat digunakan dalam kalimat majemuk setara pertentangan ialah sedangkan dan melainkan.

3)      Dua kalimat tunggal atau lebih dapat dihubugkan oleh kata lalu dan kemudian jika kejadian yang dikemukakannya berurutan ,dan hasilnya disebut kalimat majemuk perurutan.

4)      Dapat pula dua kalimat tunggal atau lebih iyu dihubungkan oleh kata atau jika kalimat itu menunjukan pemilihan, dan hasilnya disebut kalimat majemuk setara pemilihan.

  1. Kalimat majemuk setara rapatan

Yaitu suatu bentuk yang meraptkan dua atau lebih kalimat tunggal. Yang dirapatkan ialah unsur subjek atau unsur objek yang sama.

Contoh :

Kami berlatih .

Kami bertanding .

Kami berhasil menang

Kami berlatih,kami bertanding,dan kami berhasil menang.

Kami berlatih,bertanding,dan berhasil menang.

  1. Kalimat majemuk tidak setara

Kalimat majemuk tidak setara terdiri atas satu suku kalimat yang bebas (klausa bebas) dan satu suku kalimat atau lebih yang tiak bebas (klausa terikat).

  1. Kalimat majemuk taksetara berusur sama

Kalimat majemuk taksetara dapat dirapatkan andaikata unsur-usur subjeknya sama

Contoh :

Kami sudah lelah

Kami ingin pulang

Karena sudah lelah ,kami ingin pulang

 

Sumber :

https://urbanescapesusa.com/