EROPA DAPAT MEMENANGKAN PERTEMPURAN GLOBAL UNTUK DATA INDUSTRI, KATA KEPALA INDUSTRI UE

EROPA DAPAT MEMENANGKAN PERTEMPURAN GLOBAL UNTUK DATA INDUSTRI, KATA KEPALA INDUSTRI UE

EROPA DAPAT MEMENANGKAN PERTEMPURAN GLOBAL UNTUK DATA INDUSTRI, KATA KEPALA INDUSTRI UE

 

EROPA DAPAT MEMENANGKAN PERTEMPURAN GLOBAL UNTUK DATA INDUSTRI, KATA KEPALA INDUSTRI UE
EROPA DAPAT MEMENANGKAN PERTEMPURAN GLOBAL UNTUK DATA INDUSTRI, KATA KEPALA INDUSTRI UE

PARIS (Reuters) – Eropa mungkin telah kehilangan pertempuran untuk menciptakan juara digital yang mampu mengambil perusahaan AS dan Cina memanen data pribadi, tetapi dapat memenangkan perang data industri, kepala kebijakan industri Eropa mengatakan pada hari Sabtu.

Sejumlah besar data dari seberapa cepat kami mengendarai mobil kami hingga berapa lama robot perlu mengolah produk di pabrik belum sepenuhnya dieksploitasi, kata Thierry Breton, Komisaris Eropa yang bertanggung jawab atas pasar tunggal UE.

Khawatir dengan dominasi perusahaan teknologi AS dan Cina seperti Google, Amazon atau Huawei, Uni Eropa meninggalkan sikap “laissez-faire” pada awal 2000-an dan meningkatkan tekanan peraturan untuk melindungi bisnisnya.

Pendekatan baru akan dipamerkan pada hari Rabu ketika Breton mengungkap data baru blok dan strategi kecerdasan buatan.

“Kami memasuki fase baru. Pertempuran untuk data industri dimulai sekarang, dan medan

perang utama adalah Eropa,” kata Breton, mantan menteri keuangan Prancis, kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

Breton mengatakan UE memiliki peluang unik untuk memenangkan fase selanjutnya dari revolusi digital yang berpusat pada pemanenan, pengelolaan, dan analisis data dari bidang industri seperti pabrik, transportasi, energi, dan perawatan kesehatan.

“Eropa adalah benua industri top dunia. Amerika Serikat telah kehilangan banyak pengetahuan industri mereka dalam fase terakhir globalisasi. Mereka harus secara bertahap membangunnya kembali. China memiliki cacat nilai tambah yang diperbaiki,” kata Breton.

“Tetapi sebagian besar rantai nilai industri, dari kelompok besar hingga UKM, berbasis di Eropa saat ini. Itulah sebabnya semua mata tertuju pada Eropa sekarang,” tambahnya.

“BUKAN SUNGAI”

Breton, mantan CEO raksasa IT Prancis Atos dan grup telekomunikasi Orange, mengatakan Komisi Eropa akan mengungkap pendekatan tiga cabang pada hari Rabu, yang terdiri dari aturan ketat, investasi dalam infrastruktur dan membuka gulungan pendekatan sektor-spesifik.

Reuters secara eksklusif melaporkan pada 29 Januari sebuah dokumen rancangan 25

halaman yang menguraikan langkah-langkah untuk menciptakan pasar tunggal dalam data, yang masih bisa diubah sebelum presentasi 19 Februari.

Ini akan mencakup serangkaian aturan baru yang mencakup penggunaan data lintas batas, interoperabilitas data, dan standar yang terkait dengan manufaktur, perubahan iklim, industri otomotif, layanan kesehatan, layanan keuangan, pertanian, dan energi.

Aturan lain dalam beberapa bulan mendatang akan membuka data publik tentang geospasial, lingkungan, meteorologi, statistik, dan data perusahaan di seluruh blok untuk digunakan perusahaan secara gratis.

Dokumen ini juga mengusulkan penghapusan aturan kompetisi yang menghambat berbagi

data dan mungkin memperkenalkan aturan untuk mencegah platform online besar dari memaksakan kondisi akses secara sepihak.

Pada hari Sabtu, Breton bersikeras tentang urgensi tugas di depan. “Eropa tidak naif, sangat bisa melihat apa yang terjadi. Itu sebabnya kita harus mengatur diri kita sekarang, termasuk ketika menyangkut penyebaran jaringan 5G pertama,” katanya.

Sumber:

http://blog.dinamika.ac.id/arya/2020/05/31/seva-mobil-bekas/