Cara Meningkatkan Performa Mac yang Lambat

Cara Meningkatkan Performa Mac yang Lambat

Cara Meningkatkan Performa Mac yang Lambat

 

Cara Meningkatkan Performa Mac yang Lambat
Cara Meningkatkan Performa Mac yang Lambat

Perangkat Mac besutan Apple juga tak luput dari masalah kinerja. Meskipun memiliki sistem yang terbilang canggih, tetapi Mac tetap bisa alami itu.

Tanpa disadari, kinerja perangkat akan semakin lambat dan menurun seiring dengan kebiasaan yang kita lakukan.

Mulai dari penggunaan software yang sembarang, malas update, dan lain sebagainya.

Jika Mac sudah terlanjur lambat, Anda masih bisa membuat perangkat tersebut menjadi gegas kembali. Caranya pun tidak terlalu susah untuk dilakukan.

Berikut adalah sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk membuat kinerja Mac menjadi kencang kembali seperti sedia kala:

1. Update macOS Terbaru

Melansir How To Geek, satu hal yang sangat disarankan adalah untuk selalu update macOS ke versi terbaru. Selain karena tambahan fitur baru, biasanya pembaruan ini juga akan termasuk perbaikan dan peningkatan kinerja yang lebih cepat dari versi sebelumnya.

Update ini tidak hanya untuk memperbarui macOS perangkat, tetapi juga sebagian besar aplikasi yang ada untuk memastikan seisi perangkat mendapatkan patch keamanan dan pengoptimalan sistem terbaru.

Baca juga: Fitur Unggulan MacOS Catalina, Auto Dark Mode hingga Sidecar

2. Tambah Jumlah RAM

Ketika sedang mengganti hard drive ke SSD, gunakan kesempatan ini untuk menambahkan lebih banyak RAM juga.

Anda cukup menemukan jenis RAM yang tepat untuk spesifikasi perangkat tersebut. Pastikan untuk membeli jumlah, jenis, dan kecepatan yang tepat.

Apple menyediakan halaman dukungan praktis sebagai pedoman yang menunjukkan spesifikasi RAM untuk berbagai model, bersama dengan panduan bergambar untuk menggantinya.

3. Tutup Semua Aplikasi

Menutup aplikasi dengan ikon “X” di sudut jendela tidak selalu berarti aplikasi sudah tertutup sepenuhnya.

Faktanya, sebagian besar aplikasi Mac akan tetap berjalan di latar belakang saat Anda menutup jendelanya.

Anda dapat mengklik kanan, pilih Command, atau mengetuk ikon aplikasi dan klik Quit untuk mengakhiri proses aplikasi yang berjalan.

Anda juga bisa menggunakan menu File lalu pilih Quit atau menggunakan pintasan keyboard dengan menekan tombol Command + Q saat aplikasi dipilih.

Biasakan menutup aplikasi berat seperti Photoshop atau Steam ketika tidak menggunakannya. Sebab, aplikasi seperti ini sering berjalan secara default di latar belakang yang dapat menguras daya.

4. Identifikasi Penggunaan CPU

Jika Mac Anda tiba-tiba menjadi tidak responsif, lambat atau loading, Anda bisa menggunakan Activity Monitor untuk mendeteksi software yang memperlambat sistem perangkat.

Anda bisa meluncurkan alat ini dengan menekan Command + Spacebar, lalu mencarinya atau membuka folder Applications kemudian pilih Utilities.

Baca juga: Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tiba-tiba Tidak Berfungsi

Untuk menemukan aplikasi tersebut, klik tab CPU kemudian susun kolom “% CPU” dalam urutan menurun. Semakin tinggi aplikasi muncul dalam daftar, semakin banyak penggunaan CPU-nya.

Pilih aplikasinya dan klik “X” disudut kiri atas untuk mengakhirinya. Tapi ketahuilah bahwa ada beberapa program yang tidak bisa dihentikan.

5. Beri Ruang Lebih pada Harddisk

Memori penyimpanan seperti harddisk juga bisa mempengaruhi kinerja Mac Anda. Jika kapasitas kosong tersisa sedikit, tentu saja akan memperlambat kinerja sistem operasi secara keseluruhan.

Sebab, sistem operasi Mac atau macOS juag membutuhkan ruang untuk kebutuhan penyimpanan sistem lainnya yang tersimpan di harddisk tersebut.

Anda bisa mengganti kapasitas dan kinerja harddisk ini ke yang lebih besar atau juga bisa dengan menghapus sejumlah aplikasi lama dan membersihkan data yang ada di perangkat tersebut.

6. Kurangi Aplikasi Ketika Login Mac

Melansir CNET, jika Mac Anda lambat untuk booting, masalahnya mungkin terletak pada banyak aplikasi yang dibuka saat Mac memulai beroperasi. Kemungkinan hal ini disebabkan karena Anda tidak pernah mengaturnya.

Masuk ke System Preferences> Users & Groups dan kemudian klik pada tab Item Login untuk melihat daftar aplikasi yang terbuka ketika Anda mem-boot Mac.

Sorot aplikasi yang tidak ingin Anda buka saat startup dan klik tombol tanda minus di bawah daftar aplikasi.

7. Instal Antivirus

Melansir Digital Trends, Banyak yang beranggapan bahwa Mac atau produk Apple lainnya terbebas dari virus. Meskipun benar bahwa produk Apple memiliki keunggulan keamanan tertentu karena sebagian besar malware ditargetkan untuk perangkat Windows.

Tetapi hal ini tidak menutupkemungkinan bahwa Mac bisa saja diretas. Oleh karenanya, disarankan untuk tetap waspada dengan menggunakan software antivirus terpercaya agar Mac terlindungi.

Sebab, malware atau virus seringkali menjadi penyebab utama yang membuat perangkat menjadi lamban dan tidak responsif.

Sumber:

https://blogs.uajy.ac.id/teknopendidikan/seva-mobil-bekas/