Cara Menambah RAM HP Android

Cara Menambah RAM HP Android

Cara Menambah RAM HP Android

 

Cara Menambah RAM HP Android
Cara Menambah RAM HP Android

Untuk penjelasan yang akan saya bagikan pada dasarnya meningkatkan kinerja ram android agar tidak lemot, selain itu kapasitas ram android bukan berarti mengganti RAM Internal android alias hardware android.

Namun yang saya akan bagikan cara menambah ram android tetapi hal ini cukup membantu bagi anda yang sedang mengalami masalah misalnya ketika bermain game atau menjalankan aplikasi kadang terasa berat dan membuat android menjadi lag atau lambat.

Maka artikel ini akan menyelesaikan masalah yang anda hadapi saat ini, dalam menambah ram android dalam prinsipnya untuk membuat virtual memory dengan menggunakan beberapa cara seperti swao file, swap partition (linux swap) ataupun anda juga dapar zram.

Pada dasarnya virtual memory berfungsi untuk ram virtual atau dengan kata lain dapat membantu kinerja ram internal dengan meringankan beban dari ram internal sehingga ram internal android menjadi optimal dalam memproses data.
Jenis Virtual Memory

Daftar Isi

Jenis Virtual Memory
Cara Menambah RAM Android
Dengan Aplikasi
Menambah RAM HP dengan Memori Internal
Meringankan dan Menambah RAM dengan SD-Booster
Menambah RAM dengan RAM Script
Kesimpulan

Pengertian Metode Virtual Memory / VR RAM dengan menggunakan metode berikut :

Swap File : Metode ini membuat virtual memory menggunakan file yang disimpan di micro SD sebagai media swap.
Swap Partition : Adalah membuat virtual memory dengan memanfaatkan partisi SD Card/Micro SD. Memory eksternal (mcri sd) di partisi ulang menjadi dua hinga tiga bagian dan pada partisi ke tiga anda gunaakan lunix swap sebagai sistemnya.
ZRAM : Cara ini cukup efektif dengan metode ini membuat virtual memory yang menggunakan RAM Internal. Pada space sebagian ram internal hp android akan di kompress (diperkecil) dan memanfaatkan sebagai virtual memory, jika semakin besar kapasitas ZRAM maka semakin cepat habis space RAM internal smartphone atau tablet android anda.

Bahwa setiap metode yang digunakan itu berbeda-beda, dan dapat anda pilih sendiri nantinya sesuai ke inginan anda.

Mungkin pernah anda pikir bahwa RAM tweak atau script berguna untuk menambah RAM android, sebenarnya hal itu salah artinya.

RAM script atau tweak sama halnya pada script biasanya, namun RAM script dibuat menggunakan bahasa C yang dapat mengoptimalkan kinerja RAM Android.

Baca Juga: Cara Menambah RAM Laptop.

Jadi bukan menambah ukuran ram ya sob dan ini hanya memanfaatkan pengalihan beberapa proses data ke memory lain misalnya memory eksternal.
Cara Menambah RAM Android

Ada beberapa langkah yang bisa kalian terapkan untuk dapat menambah ram android dengan mudah, berikut penjabarannya.
Dengan Aplikasi

Pada tutorial ini merupakan cara paling praktis yang dapat anda gunakan, namun fungsinya tetap sapa yaitu menambah performa dan kinerja ram.

Bagi anda yang masih bingung karena cara diatas, maka ini menjadi solusi terbaik yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa ram anda agar optimal sekaligus mempercepat kinerja android agar dapat beroperasi dengan baik.
Download RAM Manager

Langkah pertama anda hanya mendownload dan install aplikasi RAM Manager.
Lalu buka aplikasi ram manager, dan pilih menu ram.
Anda dapat setting pengaturan ram manager.

Sebenarnya cara ini cukup mudah ya sob, selain itu anda tidak perlu pusing menggunakan cara yang lainya, selain itu ram manager mempunyai kemapuan yang lebih dari cara lainya.

Tonton Video Berikut : https://www.youtube.com/watch?v=obmGUv2j4tM
Menambah RAM HP dengan Memori Internal

Pada tutorial ke satu kita dapat menggunakan meteode swap, berikut adalah tutorialnya dan simak baik baik.
Download Swapper

Langkah pertama anda harus menginstall aplikasi Swapper.
Aplikasi swapper for root berguna untuk menambah virtual memory yang dapat meringankan ram android sehingga pada saat menggunakan ponsel android, hp anda akan lebih cepat dan nyaman. Selain itu aplikasi ini t idak memerlukan partisi pada SD Card dan hanya menggunakan space memori external untuk simpan swap file.
Lalu pastikan anda sudah melakukan root. Bisa baca artikel cara root hp android tanpa pc.
Kemudian buka aplikasi swapper for root, kemudian centang active swap on boot.
Anda tinggal pilih SD Card FAT Partition pada Swap File Partition.
Setelah itu anda tinggal mengisi value dengan menggunakan kapasitas swap pada ram yang anda inginkan. Untuk besar kapasitas swap ram sebaiknya anda sesuaikan tergantung besar free space (sisa memori) memori external.
Selanjutyna klik save, tunggu beberapa saat hingga swap file berhasil dibuat.
Reboot smartphone atau tablet android anda dan hp android anda telah menjadi lebih enak untuk digunakan.

Meringankan dan Menambah RAM dengan SD-Booster

Cara ini cukup mudah untuk anda lakukan, pada dasarnya cara ke dua ini berguna untuk menaikan kecepatan SD Card untuk melakukan proses penulisan data dan membaca data, hampir sama prinsipnya dengan overclock.

Namun ini bukan untuk CPU tetapi untuk SD Card, adapun caranya sebagai berikut.

Pertama anda harus melakukan root terlebih dahulu.
Kemudian anda download dan install aplikasi SD-Booster.
Selanjutnya anda buka aplikasi tersebut, setelah itu isi cache size antara 1 sampai 8192. Saya menyarankan untuk mengisi angka 1024 atau 2048.
Lalu tekan centang berwarna hijau.

Baca Juga : Cara Root HP Android Tanpa PC.

Menambah RAM dengan RAM Script

Pengertian Juwe RAM Script adalah script yang dapat mengoptimalkan performa, mempercepat kinerja android dan dapat mengatasi lagg atau not respond dan macet pada hp android. Namun anda tidak perlu pusing lagi dengan cara ini, pada cara yang saya bagikan ini sudah dikemas sedemikian rupa agar dapat anda gunakan dengan mudah.

Pada dasarnya juwe ram digunakan secara manual, namun cara tersebut kurang efisien dan sekarang dapat menggunakan aplikasi yang jauh efisen dan lebih aman. Kemudian aplikasi ini dapat menyeimbangkan ram, multitasking, mengatasi lag dan macet loading lama pada android. Selain itu anda dapat memiliki cukup memory untuk memakai ram script dan berikut adalah tutorialnya.

Pertama pastikan anda sudah menginstall CWM Recovery di hp android anda.

Kemudian download dan simpan di sd card anda Juwe RAM Script.
Lalu buka CWM Recovery, pilih install zip from sd card dan Kemudian arahkan ke juwe ram script.
Klik Install.

Kesimpulan

Pada cara menambah ram hp diatas tadi, anda dapat memilih salah satu sesuai yang anda inginkan. Tetapi saya merekomendasikan kepada anda untuk menggunakan cara nomer satu saja.

Mungkin cukup sekian dulu sob cara menambah kapasitas ram android dan meningkatkan kinerja performa ram hp android anda.

Pada umumnya Virtual Memory dengan ukuran 256MB sudah cukup untuk mengolah multi tasking sistem.

Virtual memory yang terlalu besar misalnya 1GB malah sebenanrya tidak mempengaruhi kinerja android dengan akat lain jika virtual memory terlalu besar maka sebenarnya tetap sama pengolahan hanya membutuhkan 256MB saja.

Maka pastikan jangan membuat virtual memory dengan ukuran terlalu berlebihan karena

akan percuma sisa space.

Jika anda masih bingung dengan cara diatas tadi, maka bisa berikan komentar anda di kolom komentar dan jangan lupa baca informasi menarik lainya hanya di mastekno com solusi tepat informasi terpercaya.

Baca Juga: