Materi Sistem

Materi Sistem

Materi Sistem

Materi Sistem


  1. Pengertian Sistem

 Pengertian system adalah suatu kesatuan unsur – unsur yang saling berinteraksi secara fungsional yang memperoleh masukan menjadi keluaran.

  1. Tujuan Sistem

 Tujuan suatu lembaga pendidikan ialah untuk memberikan pelayanan pendidikan kepada yang membutuhkan. Tujuan instruksional ialah agar siswa belajar mengalami perubahan perilaku tertentu sesuai dengan tingkat taksonomi yang telah dirumuskan terlebih dulu.

  1.  Fungsi-Fungsi Sistem

Untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, diperlukan berbagai fungsi yang beraktivitas.

  1. Komponen-komponen sistem

Bagian suatu system yang melaksanakan fungsi untuk menunjang usaha mencapai tujuan system disebut komponen. Komponen yang melakukan proses transformasi disebut subsistem, karena masing – masing bagian atau komponen itu sesungguhnyaadalah suatu system pula.

  1. Interaksi atau Saling Hubungan

Semua komponen dalam system pembelajaran haruslah saling berhubungan satu sama lain.
F. Penggabungan yang Menimbulkan Jaringan Keterpaduan

Penggabungan yang menimbulkan keterpaduan ini berdasarkan pada hokum Gestalt yang menyatakan bahwa suatu keseluruhan itu mempunyai nilai atau kemampuan yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan jumlah bagian-bagian.

  1. Proses Transformasi

Proses yang mengubah masukan (input) menjadi hasil (output). Hasil yang dikeluarkan oleh suatu system kepada sebuah atau beberapa system lainnya sebagai masukan yang akan diproses lebih lanjut, dan berlangsung secara berkesinambungan melalui tahapan transformasi.


Baca Juga :