Puluhan Bangunan Sekolah Rusak Berat

Puluhan Bangunan Sekolah Rusak Berat

Puluhan Bangunan Sekolah Rusak Berat

Puluhan Bangunan Sekolah Rusak Berat
Puluhan Bangunan Sekolah Rusak Berat

Puluhan bangunan sekolah di Kota Bekasi dalam keadaan rusak berat. Dinas Pendidikan setempat telah mengusulkan perbaikan pada tahun depan.

Data yang dihimpun Radar Bekasi mencatat, bangunan sekolah yang mengalami

rusak berat terjadi di 63 SD dan 29 SMP.

Kepala Bidang Sarana Prasarana (Sapras) Dinas Pendidikan Kota Bekasi Yopik Roliyah mengatakan, usulan perbaikan bangunan sekolah 2020 ke Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) telah dilakukan.

Kini, pihaknya hanya menunggu usulan perbaikan bangunan sekolah yang

disetujui. ”Kita tinggal nunggu data dari Disperkimtan untuk melihat sekolah yang sudah di ACC (setujui) mendapatkan bantuan pembangunan gedung sekolah,” ujar Yopik kepada Radar Bekasi, Selasa (5/11).

Menurutnya, usulan perbaikan hanya untuk bangunan sekolah yang mengalami rusak berat. Sebab, kata dia, bangunan sekolah yang mengalami rusak ringan seperti atap bocor atau kerusakan lantai bisa langsung diperbaiki menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

”Yang diajukan termasuk kedalam kategori berat semua, sebab jika kategori ringan itu bisa menggunakan dana BOS yang bisa dialokasikan untuk pemeliharaan sekolah,” tegasnya.

Yopik menambahkan, kepala sekolah di Kota Bekasi harus berfikir kreatif terhadap

lembaga pendidikan yang dipimpinnya. Setiap ada kerusakan ringan pada bangunan sekolah, bisa secepatnya mengatasi perbaikan menggunakan dana BOS untuk pemeliharaan.

Dengan begitu, tidak sampai menggangu berlangsungnya proses belajar mengajar. ”Kita butuh kepala sekolah yang kreatif, tidak hanya mengandalkan dana APBD dalam perbaikan gedung sekolah yang sifatnya ringan,” pungkasnya

 

Baca Juga :