Ciri Profesionalisme Bidang IT dan Kode Etik

Ciri Profesionalisme Bidang IT dan Kode Etik

Ciri Profesionalisme Bidang IT dan Kode Etik

Ciri Profesionalisme Bidang IT dan Kode Etik
Ciri Profesionalisme Bidang IT dan Kode Etik
Untuk dapat merumuskan mengenai ciri-ciri dan kode etik yang dimiliki oleh seorang profesionalisme bidang IT diperlukan beberapa referensi untuk mendukungnya. Diadopsi dari Buku Ajar Etika Profesi oleh R.Rizal Isnanto, ST, MM, MT, secara umum ada beberapa ciri atau sifat yang selalu melekat pada profesi, yaitu :
  1. Adanya pengetahuan khusus, yang biasanya keahlian dan keterampilan ini dimiliki berkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang bertahun-tahun.
  2. Adanya kaidah dan standar moral yang sangat tinggi. Hal ini biasanya setiap pelaku profesi mendasarkan kegiatannya pada kode etik profesi.
  3. Mengabdi pada kepentingan masyarakat, artinya setiap pelaksana profesi harus meletakkan kepentingan pribadi di bawah kepentingan masyarakat.
  4. Ada izin khusus untuk menjalankan suatu profesi. Setiap profesi akan selalu berkaitan dengan kepentingan masyarakat, dimana nilai-nilai kemanusiaan berupa keselamatan, keamanan, kelangsungan hidup dan sebagainya, maka untuk menjalankan suatu profesi harus terlebih dahulu ada izin khusus.
  5. Kaum profesional biasanya menjadi anggota dari suatu profesi.

Sedangkan menurut Bagio Budiarjo dalam bukunya “Komputer dan Masyarakat” ciri-ciri dari seorang profesional adalah :

  1. Memiliki pengetahuan yang tinggi di bidang profesinya
  2. Memiliki keterampilan yang tinggi di bidang profesinya
  3. Memiliki pengetahuan yang luas tentang manusia dan masyarakat, budaya, seni, sejarah dan komunikasi
  4. Tanggap terhadap masalah klien, faham terhadap isu-isu etis serta tata nilai kilennya
  5. Mampu melakukan pendekatan multidispliner
  6. Mampu bekerja sama.
  7. Bekerja dibawah disiplin etika
  8. Mampu mengambil keputusan didasarkan kepada kode etik, bila dihadapkan pada situasi dimana pengambilan keputusan berakibat luas terhadap masyarakat

Berdasarkan dua referensi diatas maka dapat dirumuskan bahwa ciri-ciri dan kode etik dari seorang profesionalisme bidang IT adalah :

  1. Memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tinggi di bidang IT yang merupakan kemempuan khusus yamg diperoleh berkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman yang bertahun-tahun.
  2. Memiliki pengetahuan yang luas tentang manusia dan masyarakat, budaya, seni, sejarah dan komunikasi. Serta mengabdi pada kepentingan masyarakat, artinya setiap pelaksana profesi harus meletakkan kepentingan pribadi di bawah kepentingan masyarakat.
  3. Adanya kaidah dan standar moral yang sangat tinggi. Hal ini biasanya setiap pelaku profesi mendasarkan kegiatannya pada kode etik profesi. Sehingga mampu mengambil keputusan didasarkan kepada kode etik, bila dihadapkan pada situasi dimana pengambilan keputusan berakibat luas terhadap masyarakat.
  4. Mampu melakukan pendekatan multidispliner, mampu bekerja sama dan bekerja dibawah disiplin etika.

Baca Juga :