KONSEP DIRI (SELF CONCEPT) – Teknik Mengubah Pola Pikir

KONSEP DIRI (SELF CONCEPT) – Teknik Mengubah Pola Pikir

Konsep Diri adalah seluruh persepsi kita terhadap segi diri kita yang meliputi segi fisik, segi sosial, dan segi psikologis, yang terbentuk sebab pengalaman masa selanjutnya kita dan hubungan kita bersama orang lain.

Konsep Diri artinya segala yang Anda ketahui mengenai diri Anda, seluruh apa yang Anda percayai, dan apa yang udah terjadi di dalam hidup Anda terekam di dalam mental hard-drive kepribadian Anda, yakni di di dalam self-concept Anda. Self-concept Anda mendahului dan memprediksi tingkat performa dan efektivitas tiap tiap tindakan Anda. Tingkah laku nyata Anda bakal senantiasa terus menerus bersama self-concept yang terdapat di di dalam diri Anda. Oleh sebab itu, perbaikan di segala bidang kehidupan Anda harus di awali dari perbaikan di di dalam self-concept Anda.

TIGA BAGIAN UTAMA KONSEP DIRI
Menurut Brian Tracy, self-concept Anda mempunyai tiga anggota utama yaitu:
Self-Ideal (Diri Ideal),
Self-Image (Citra Diri), dan
Self-Esteem (Jati Diri).
Ketiga elemen berikut merupakan satu kesatuan yang membentuk kepribadian Anda, memilih apa yang biasa Anda pikir, rasakan, dan lakukan, dan juga bakal memilih segala suatu hal yang terjadi kepada diri Anda.

Self-Ideal (Diri Ideal)
Self-ideal adalah komponen pertama dari self-concept Anda.
Self-ideal Anda terdiri dari :
harapan,
impian,
visi,
idaman
Self-idealterbentuk dari kebaikan, nilai-nilai, dan sifat-sifat yang paling Anda kagumi dari diri Anda maupun dari orang lain yang Anda hormati. Self-ideal adalah sosok seperti apa yang paling Anda idamkan untuk dapat jadi diri Anda, di segala bidang kehidupan Anda. Bentuk ideal ini bakal menuntun Anda di dalam membentuk perilaku Anda.

Self-Image (Citra Diri)
Bagian ke-2 self-concept Anda adalah self-image. Bagian ini membuktikan bagaimana Anda memikirkan diri Anda sendiri, dan memilih bagaimana Anda bakal bertingkah laku di dalam satu situasi tertentu. Karena kapabilitas self-image
Semua perbaikan di dalam hidup Anda bakal di awali dari perbaikan di dalam self-imageself-image

Self-Esteem (Jati Diri)
self-esteem adalah seberapa besar Anda menyukai diri Anda sendiri. Semakin Anda menyukai diri Anda, makin baik Anda bakal melakukan tindakan di dalam bidang apa pun yang Anda tekuni. Dan, makin baik performansi Anda, Anda bakal makin menyukai diri Anda. Bagian ini adalah komponen emosional di dalam kepribadian Anda. Komponen-komponen pentingnya :
bagaimana Anda berpikir,
bagaimana Anda merasa,
bagaimana Anda bertingkah laku.
Coba Anda mengimbuhkan jawaban sebuah simulasi:
Siapa Saya?
Mengapa aku ada?
Apa keistimewaan / berlebihan yang aku milik?
Untuk siapa aku bekerja?
Apa hasil/produk dari pekerjaan saya?
Dimana aku mengerjakannya?
BAGAIMANA ANDA AKAN MEMBENTUK KONSEP DIRI
Sangat ditentukan oleh sikap diri Anda sendiri. Sikap adalah rutinitas berpikir dan oleh sebab itu dapat dibentuk dan dipelajari.
Sikap yang baik harus konsisten menerus dipupuk dan dikembangkan dari saat ke saat bersama langkah mengubah langkah berpikir Anda yang lama, jadi langkah berpikir yang baru di dalam menyaksikan seluruh hal.

Artikel Lainnya : motivation letter

TIPS : PENGEMBANGAN POLA PIKIR
Menentukan obyek pengembangan diri secara jelas
Mengenali potensi pola pikir diri, (pola pikir yang mendukung / pola pikir yang menghambat)
Mengidentifikasi virus internal dan eksternal yang menghambat pengembangan diri.
Berani coba / mengambil risiko.
Mencari feedback secara terus-menerus.
Belajar dari pengalaman.
Melaksanakan evaluasi dan perbaikan secara berkelanjutan.

Baca Juga :