Penyakit pada Anak Akibat Bakteri Kolam Renang

Penyakit pada Anak Akibat Bakteri Kolam Renang

Menghabiskan akhir pekan dengan berenang bareng keluarga, memang menyenangkan. Namun, rekreasi yang seharusnya mengasyikkan ini, ternyata memiliki tidak sedikit risiko untuk kesehatan. Karena sejumlah penyakit yang diakibatkan oleh bakteri empang renang, dapat menakut-nakuti kesehatan kita dan keluarga.

Apa saja jenis penyakit yang bisa ditularkan oleh bakteri di dalam empang renang? Simak ulasannya dalam tulisan ini

Penyakit Akibat Bakteri Kolam Renang

1. Diare dan Muntaber
2. Swimmer’s ear
3. Hepatitis A

Menjaga Anak dari infeksi Bakteri Kolam Renang

Anda memang tidak dapat melarang bakteri empang renang masuk ke dalam tubuh si kecil. Namun, Anda dapat melakukan tindakan-tindakan pencegahan inilah ini:

– Perhatikan air empang renang. Jika air tampak bersih dan biru sampai ke dasar empang renang, maka aman guna si kecil berenang di dalamnya. Perhatikan pula saluran pengasingan dan garis ubin di dasar kolam. Pastikan air itu disaring dengan baik, ditandai dengan air yang terus bergerak dan membuih.
– Cium bau kaporit dalam air. Jika kaporit tidak berbau kuat, si kecil bisa berenang saat tersebut juga. Namun, andai bau kaporitnya kuat, maka usahakan tunda keinginannya berenang. Karena bau kaporit yang powerful menandakan adanya kloramin. Yaitu, senyawa yang terbentuk karena gabungan kaporit dengan sekian banyak cairan tubuh dan kotoran lainnya.
– Ingatkan si kecil guna tidak menelan air kolam. Atau, semangat si kecil guna berhenti mengisap ibu jari usai berenang, dengan memberinya keterangan tentang bahaya kesehatan yang bisa timbul dampak bakteri empang renang.

Nah, Bunda, tidak boleh biarkan keceriaan si kecil pulang menjadi kesedihan sebab bakteri empang renang, ya. Usai berenang, ajarkan pada si kecil guna selalu mencuci diri terlebih dahulu. Karena hidup sehat, bermula dari kelaziman yang sehat pula.

http://www.sitedossier.com/site/www.pelajaran.co.id