Mahasiswa IPB Borong Medali di Ajang Olahraga Atletik UI

Mahasiswa IPB Borong Medali di Ajang Olahraga Atletik UI

Mahasiswa IPB Borong Medali di Ajang Olahraga Atletik UI

Mahasiswa IPB Borong Medali di Ajang Olahraga Atletik UI
Mahasiswa IPB Borong Medali di Ajang Olahraga Atletik UI

Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil memborong medali di ajangUI Annual Athletic Championship (UIAAC)2018, Sabtu (8/12). Kejuaraan tersebut merupakan perlombaan atletik se-Pulau Jawa yang diadakan oleh Universitas Indonesia.

Pada tahun ini UIAAC diikuti oleh delapan perguruan tinggi diantaranya; IPB, ITB, UNJ, UIN JAKARTA, POLTEKIP, POLITEKNIK MIGRASI dan STEI TAZKIA. Nomor atletik yang dilombakan pada ajang tesebut yaitu Lari Putra dan Putri nomor 100 meter, 200 meter, 400 meter, 800meter, 1.500 meter, 5.000 meter, 4×100 meter dan 4×400 meter.

Selain lari juga terdapat nomor tolak peluru dan lompat jauh. Tim IPB mengirimkan kontingen sebanyak 21 atlet pada ajang tersebut.

Mahasiswa yang mengikuti UIAAC merupakan atlet-atlet yang menjadi juara pada cabang atletik Olimpiade Mahasiswa IPB (OMI) tahun 2018.

Dalam kejuaraan UIAAC 2018, Tim IPB berhasil membawa pulang dua medali emas, sembilan medali perak dan duamedali perunggu.

Medali emas disumbangkan dari nomor lompat jauh putra oleh Aulia Rahman

(Sekolah Vokasi ‘54) dan lari 400m putra oleh Valentinus Makiuw (Sekolah Vokasi ‘54). Hadiah yang di berikan pada kejuaraan ini berupa uang tunai, medali, dan sertifikat.

Menurut Valentinus Makiuw persiapan dan latihan kontingen IPB dikoordinir oleh Kementerian Apresiasi dan Olahraga Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) IPB.

Para kontingen bersemangat untuk memberikan yang terbaik pada ajang ini. Seperti Valentinus, sejak awal ia yakin akan meraih medali emas pada ajang ini, karena ia telah terbentuk secara mental dan selalu latihan secara mandiri tanpa tergantung pelatih.

“Saya berharap dapat mengikuti kejuaraan serupa di masa yang akan datang dan

dapat meraih lebih banyak prestasi. Saya juga berharap atletik IPB dapat lebih baik lagi ke depannya. Segi manajerial maupun informasi harus dapat dikelola dengan lebih baik, sehingga tim IPB dapat meraih lebih banyak prestasi dalam berbagai kejuaraan,” tambah Valentinus.

Senada dengan hal tersebut, Aulia Rahman juga menyampaikan harapannya untuk terbentuknya UKM Atletik di IPB.

“Saya berharap dapat menyumbangkan lebih banyak lagi prestasi untuk IPB

kedepannya. Untuk itu diperlukan adanya fasilitas untuk menunjang prestasi kami, seperti adanya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan sarana prasarana,” jelas Aulia Rahman.

Aulia dan tim berharap adanya apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi dalam bidang olah raga. Apresiasi menurutnya dapat berupa pemberian sertifikat, sarana pendukung dan sebagainya. (mrt/ris)

 

Baca Juga :