IPB Berikan Apresiasi Kepada 372 Perusahaan Mitra dan Pemberi Beasiswa

IPB Berikan Apresiasi Kepada 372 Perusahaan Mitra dan Pemberi Beasiswa

IPB Berikan Apresiasi Kepada 372 Perusahaan Mitra dan Pemberi Beasiswa

IPB Berikan Apresiasi Kepada 372 Perusahaan Mitra dan Pemberi Beasiswa
IPB Berikan Apresiasi Kepada 372 Perusahaan Mitra dan Pemberi Beasiswa

 

Sebagai ucapan terimakasih kepada mitra baik perusahaan maupun pemberi beasiswa, Institut Pertanian Bogor (IPB) memberikan apresiasi kepada semua mitra pada Minggu (9/12) di Agribusiness and Development Station, Bogor.

Di sisi lain, apresiasi ini juga bertujuan mempererat kerjasama dengan perusahaan mitra dan pemberi beasiswa. Apresiasi tersebut diberikan langsung oleh Rektor IPB, Dr. Arif Satria yang didampingi para Wakil Rektor, Dekan, Ketua Departemen, dan Ketua Agrianita IPB.

“Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada semua pemberi donatur yang sudah berjuang bersama-sama dalam mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Para donatur inilah yang berperan penting dan paling kongkrit dalam membantu mengentaskan kemiskinan melalui program beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa,” ujar Rektor IPB.

Rektor IPB juga menyatakan bahwa IPB sebagai perguruan tinggi berkomitmen penuh dalam mengentaskan kemiskinan melalui pendidikan. Menurutnya, melalui pendidikan, upaya pengentasan kemiskinan dapat terealisasi dengan mudah. Dengan berpendidikan, maka seorang anak akan berusaha mengangkat ekonomi keluarga supaya lebih baik, terutama keluarga yang memang masih kurang mampu.

Melalui apresiasi ini, Rektor IPB berharap kepada para donatur beasiswa supaya tetap memberikan dukungan kepada IPB melalui program beasiswanya. Ia berharap supaya para donatur beasiswa tidak hanya memberikan beasiswa kepada mahasiswa S1, tetapi mahasiswa S2 juga.

“Sebanyak 53 persen mahasiswa IPB itu berasal dari kalangan kurang mampu dengan penghasilan orangtua kurang dari 4 juta tiap bulan. Mahasiswa yang seperti ini harus kita dukung, jika perlu S2 ya sekalian kita berikan beasiswa kepada mereka,” tutur Rektor IPB.

Ia menegaskan, hanya delapan persen mahasiswa IPB yang dapat membayar uang

kuliah sesuai dengan keputusan awal. Meskipun banyak mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu, semangat mahasiswa IPB untuk terus belajar dan berkreasi sangat tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan prestasi-prestasi mahasiswa IPB yang diraih baik skala nasional maupun internasional.

Pada tahun 2018 ini, IPB telah berhasil memperluas cakupan penerima beasiswa. Jumlah mahasiswa penerima beasiswa pada tahun 2018 sebanyak 9.364 mahasiswa. Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2017 yang hanya 8.272 mahasiswa.

Besaran dana yang dikelola dan diberikan kepada mahasiswa beswan/grantees

juga meningkat dari 62 milyar rupiah pada tahun 2017, menjadi 81 milyar rupiah pada tahun 2018.

Donatur beasiswa juga meningkat dari 52 donatur pada tahun 2017 menjadi 60 donatur pada tahun 2018. Donatur ini berasal dari pemerintah, perusahaan, lembaga kemasyarakatan, maupun alumni IPB.

Pada kesempatan ini Rektor juga menyampaikan bahwa sebanyak 65 persen

lulusan IPB memiliki masa tunggu mendapat pekerjaan hanya sekira tiga bulan Posisi pekerjaan yang didapatkan oleh lulusan IPB juga bergengsi, seperti manajer, tenaga ahli, bahkan ada yang menjadi direktur.

Sampai saat ini sudah ada 372 perusahaan yang sudah menjalin kerjasama dengan IPB. Kerjasama tersebut diwujudkan dalam bentuk kerjasama riset, magang, maupun rekrutmen pekerjaan

 

Sumber :

https://www.sudoway.id/