TKIP Attack

TKIP Attack

Table of Contents

TKIP Attack

TKIP Attack
TKIP Attack

WPA menerapkan dua modus yang dapat digunakan untuk memastikan keamanan data yang dikirimkannya selama transmisi data, TKIP dan (AES)-CCMP. TKIP merupakan sebuah protokol yang mengimplementasian fungsi penggabunga kunci dengan vektor inisialisasi di setiap paketnya. Selain itu, TKIP dilengkapi dengan pengecekan integritas pesan yang dikenal dengan MIC atau MICHAEL.
Sebuah kemampuan untuk mencegah serangan-serangan sederhana juga ditambahkan dengan sebuah pencacah yang mendeteksi serangan-serangan tersebut. Pencacah ini akan memastikan setiap data yang dikirim dapat diterima sesuai dengan urutan data sehingga tidak dimungkinkan terjadinya serangan.
Namun, serangan terhadap TKIP dapat dilakukan dengan mengambil potongan-potongan data yang dikirimkan. Serangan dilancarkan dengan mengambil paket-paket data kecil yang ditransmisikan oleh access point. Paket-paket ini biasanya merupakan paket yang sangat mudah dikenali berdasarkan ukurannya yang kecil dan sangat mencolok perbedaannya dibandingkan dengan paket-paket data lain, seperti paket-paket data permintaan dan respon ARP.
Paket-paket tersebut dikirimkan secara broadcast dalam satu jaringan sehingga memungkinkan untuk mengambil paket data tersebut. Dalam paket-paket tersebut, terdapat alamat perangkat pengirim dan penerima paket data yang tidak dilindungi oleh WEP maupun TKIP.
Dengan menggunakan serangan ini, data-data yang ada dapat didekripsi dengan kecepatan hingga satu byte dalam waktu satu menit. Selain itu, jika fungsi QoS diaktifkan, maka setiap serangan terhadap 1 paket akan menyebabkan terinjeksinya 15 paket yang terenkripsi lain.

Sumber : https://filehippo.co.id/