Program Beasiswa Kuliah S1 yang bisa Kamu Ikuti

Program Beasiswa Kuliah S1 yang bisa Kamu Ikuti

Melihat perekonomian Indonesia yang belum merata, banyak anak Indonesia yang tidak dapat melanjutkan studi karena terhalang masalah biaya. Meskipun seperti itu keadaannya, sebenarnya saat ini sudah banyak sekali lembaga yang menawarkan beasiswa kuliah S1. Kamu hanya perlu memenuhi beberapa persayaratan untuk mendapatkan beasiswa kuliah tersebut. Berikut adalah 8 program beasiswa kuliah S1 yang bisa kamu ikuti.

Beasiswa Astra

PT Astra Internasional, Tbk memiliki 2 beasiswa kuliah S1 yang diberikan untuk kamu. Pertama adalah Beasiswa Astra 1st yang diberikan pada mahasiswa yang berkuliah di Pulau Jawa dan diutamakan dari jurusan Teknik, Ekonomi, Psikologi, IT, dan Statistik yang berada di semester 2,4, atau 6. Dana yang diberikan berupa uang sebesar Rp5.000.000 dan juga pelatihan yang memungkinkan kamu untuk memperluas jaringan dengan para professional Astra.

Beasiswa kuliah S1 yang kedua disalurkan melalui Yayasan Toyota Astra yang diberikan untuk membantu mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir. Ini juga berlaku untuk mahasiswa yang ada di perguruan tinggi terpilih di Indonesia. Beasiswa kuliah yang diberikan berupa uang sebesar Rp250.000 per bulan. Selain beasiswa kuliah untuk bantuan tugas akhir jenjang S1, tersedia juga beasiswa kuliah untuk penelitian dan disertasi.

Djarum Beasiswa Plus

Yang satu ini merupakan salah satu beasiswa kuliah yang cukup populer di Indonesia. Djarum Foundation sudah berkontribusi di dunia pendidikan sejak tahun 1984. Djarum Beasiswa Plus adalah beasiswa kuliah yang diberikan untuk mahasiswa berprestasi tinggi di Indonesia. Penerima beasiswa kuliah yang satu ini disebut dengan Beswan Djarum.

Beswan Djarum akan mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun. Tapi tidak hanya sampai di situ saja, para Beswan Djarum ini juga akan mendapatkan berbagai pelatihan. Pelatihan yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan soft skill. Pelatihan yang diberikan mencakup Nation Building, Character Building, Leadership Developmet, Competition Challenger, dan International Exposure.

Beasiswa Sampoerna Foundation

Selanjutnya adalah beasiswa yang diberikan PT HM Sampoerna, Tbk melalui Sampoerna Foundation. Beasiswa kuliah yang satu ini memiliki tujuan untuk membantu para pelajar di seluruh Indonesia yang memiliki prestasi cemerlang. Salah satu kriteria yang diharapkan dari penerima beasiswa kuliah Sampoerna Foundation adalah pelajar yang memiliki semangat tinggi untuk membangun negeri.

Nantinya yang diberikan Sampoerna Foundation tidak hanya mencakup biaya kuliah penuh selama 4 tahun saja, tapi juga uang saku. Selain itu, biaya tunjangan buku dan juga tunjangan biaya internet juga akan diberikan untuk penerima beasiswa kuliah yang satu ini.

Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie

Yayasan beasiswa ini sudah ada sejak tahun 1992, pada awalnya Yayasan ini bernama Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT saja, tapi pada tahun 2011 bergani nama menjadi Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie sebagai sebuah penghargaan bagi almarhumah.

Ada 2 kategori beasiswa yaitu, reguler dan unggulan. Untuk regular diberikan kepada yang ingin berkuliah ataupun yang sedang menjalani pendidikan di perguruan tinggi. Beasiswa kuliah yang diberikan berupa dana sebesar Rp750.000 per bulan selama satu tahun ajaran. Sedangkan untuk beasiswa kuliah unggulan, diberikan sejak awal hingga selesai menempuh pendidikan di PTN. Beasiswa mencakup biaya perdaftaran bantuan uang kuliah, uang buku, uang kost per semester, dan juga uang saku per bulan.

Bidikmisi

Bidikmisi adalah beasiswa kuliah dari pemerintah RI melalui Dikti. Bantuan besiswa kuliah program D3 diberikan selama 6 semester, sedangkan untuk program D4 dan S1 diberikan selama 8 semester. Uang kuliah akan dibayarkan langsung kepada perguruan tinggi dan uang saku serta tunjangan buku diberikan langsung pada mahasiswa tiap satu semester.

Beasiswa kuliah Bidikmisi bisa diikuti oleh calon mahasiswa yang baru ingin mendaftar kuliah ataupun yang baru diterima di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Pendaftaran Bidikmisi maksimal sebelum memasuki semester 2 perkuliahan.

BBP-PPA

Sama seperti Bidikmisi, Beasiswa kuliah BBP-PPA juga merupakan beasiswa kuliah dari pemerintah RI melalui Dikti. Beasiswa kuliah ini biasanya diberikan antara semester 2 hingga semester 8 berupa bantuan dana tunai untuk 2 semester. Dana kuliah juga mungkin diberikan mulai dari semester awal jika penerimanya memiliki prestasi akademik saat di SMA.

Beasiswa BCA Finance

Beasiswa BCA Finance Peduli Anak Bangsa adalah Besiswa kuliah S1 yang diberikan bagi mahasiswa PTN maupun PTS yang sudah melewati masa studi semester dua. Beasiswa kuliah yang diberikan berupa uang sebesar Rp3.000.000 yang diberikan tiap semester. Uang tersebut akan diberikan hingga semester 8 perkuliahan. Persyaratannya yaitu mahasiswa PTN memiliki IPK minimal 3.00 sedangkan PTS dengan IPK minimal 3.40 dan juga aktif berorganisasi.

Beasiswa BFI Finance

Program beasiswa kuliah dari BFI Finance memberikan kesempatan berkuliah serta jaminan bekerja di BFI Finance dan menjadi peserta Management Trainee Program (MTP) BFI Finance. Mahasiswa yang boleh mendaftar adalah yang berada di semester 4-8 di PTN maupun PTS dari semua jurusan diutamakan jurusan ekonomi. Beasiswa kuliah meliputi bantuan biaya kuliah hingga semester 9, uang saku tiap semester, subsidi buku, dan biaya tugas akhir.

Masih banyak memang siswa yang kurang beruntung dan kesulitan untuk melanjutkan studi hingga perguruan tinggi. Tapi sebenarnya, tidak sedikit beasiswa yang bisa membantu kamu kuliah. Hanya saja, mungkin tidak semua sekolah mendapatkan informasi yang sama tentang berbagai program beasiswa. Sehingga masih banyak siswa yang melewatkan kesempatan ini.

Baca Juga: