PEKERJAAN PARA LULUSAN TEKNIK INFORMATIKA

8 LAPANGAN PEKERJAAN YANG SUDAH MENANTI PARA LULUSAN TEKNIK INFORMATIKA

Di era teknologi informasi dan komunikasi yang semakin modern seperti sekarang, kiat informatika menjadi di antara jurusan kesayangan yang paling tidak sedikit dicari. Karenanya, tak heran bila tidak sedikit siswa alumni SMA atau SMK yang memiliki mimpi untuk bisa masuk di jurusan yang erat kaitannya dengan program-memprogram ini. Nah, untuk kamu yang pun tertarik dengan jurusan yang satu ini, berikut ialah 8 lapangan kegiatan yang telah menanti semua lulusan kiat informatika.

1. Programmer
Pada dasarnya, jurusan kiat informatika ini menuntun seseorang guna dapat merancang sebuah sistem atau software yang dapat mempermudah pekerjaan insan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Karenanya, menjadi lulusan kiat informatika pasti erat kaitannya dengan perkerjaan menciptakan program atau menjadi seorang programmer. Seorang programmer bisa bekerja dalam segala bidang, mulai dari perbankan, pertelevisian, industri, instansi pemerintahan, bisnis, ekonomi, dan masih tidak sedikit lagi.

2. Software Engineer
Masih erat kaitannya dengan kegiatan program-memprogram, lapangan kegiatan berikutnya yang pun telah menanti semua lulusan kiat informatika ialah software engineer. Software enginer mempunyai tugas guna mengembangkan perangkat empuk untuk sekian banyak keperluan. Siapapun kliennya, maka anda harus menyesuaikan dengan keperluan yang diminta. Bisa jadi mengembangkan software guna pendidikan, bisnis, games, hiburan, dan beda sebagainya.

3. IT Consultant
Dengan menelaah bidang teknologi informasi, lulusan kiat informatika tentu pun paham mengenai teori, bahasa pemrograman, serta bagaimana menciptakan program komputer yang efektif guna dijalankan. Atas asumsi ini, maka lulusan kiat informatika pun dapat menjadi seorang IT consultant. Dengan menjadi IT consultant, lulusan kiat informatika berperan untuk mengerjakan perencanaan, pelaksanaan, sampai penilaian penerapan teknologi informasi di dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

4. System Analyst
Pekerjaan yang satu ini erat kaitannya dengan aplikasi engineering atau penciptaan perangkat lunak. Tugas dari sistem analyst ialah melakukan analisis terhadap sistem atau program dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Dari hasil analisis yang didapatkan, selanjutnya system analyst akan berjuang untuk mengejar solusi yang mengedepankan teknologi dengan memanfaatkan perlengkapan lunak.

5.Web Developer
Web developer ialah seseorang yang merancang sebuah website, mulai dari halaman admin, rancangan antar muka, sampai fitur atau layanan yang diserahkan di dalamnya. Di samping bertugas guna merancang dan membina website, terkadang ada pun web pengembang yang bertanggung jawab dalam mengerjakan pemeliharaan dan pengembangan situs yang lebih luas lagi cocok kebutuhan.

6. Database Administrator
Lapangan pekerjaan untuk lulusan kiat informatika selanjutnya ialah menjadi database administrator. Database administrator ini mempunyai tugas guna merancang dan merawat data sebuah perusahaan, organisasi, ataupun instansi pemerintah supaya teratur dan tidak rentan terhadap aktivitas-aktivitas pencopetan data.

7. Game Developer
Game pengembang adalahseseorang yang merancang dan mengembangkan perangkat empuk untuk game. Bagi semua lulusan kiat informatika yang juga berpengalaman di bidang desain grafis, menjadi game pengembang adalahsalah satu lapangan kegiatan yang lumayan menjanjikan. Terlebih andai games yang dilempar ke pasar menjadi games yang fenomenal dan digemari tidak sedikit uang

8. Computer Network/Network Engineer
Menjadi computer network atau network engineer pun adalahsalah satu prospek kerja terbaik untuk para lulusan kiat informatika. Seorang computer network ini sendiri bertugas guna merancang, membangun, serta mengelola sebuah jaringan dalam sebuah perusahaan.

Nah, itulah 8 lapangan kegiatan yang telah menanti semua lulusan kiat informatika. Sumber : www.pelajaran.co.id/