Atasi Guru Intoleran, Orangtua Harus Aktif

Atasi Guru Intoleran, Orangtua Harus Aktif

Atasi Guru Intoleran, Orangtua Harus Aktif

Atasi Guru Intoleran, Orangtua Harus Aktif
Atasi Guru Intoleran, Orangtua Harus Aktif

Guru Besar Antropologi UIN Jakarta, Jamhari Makruf menyatakan, hasil survei

Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 2018 menjadi tugas bersama semua pihak, termasuk orang tua. Jika orang tua menerima laporan anak terkait perilaku guru yang tidak sesuai atau bertentangan, maka mereka harus menanyakannya ke sekolah.

“Orang tua harus aktif menyampaikan kepada kepala sekolah dan guru tentang apa yang terjadi. Misalnya, ada keluhan anak yang terbiasa sekolah di luar negeri dan memiliki teman yang berbeda-beda agama. Lalu ia mendengar ada guru yang mengatakan hanya orang Islam yang masuk surga. Tentu dia sedih teringat teman-temannya yang berbeda agama,” ujarnya.

Menurut Makruf, orang tua harus berani menyuarakan karena fungsi sekolah

adalah untuk membuka wawasan anak agar berpikir terbuka, bukan dengan sistem pengajaran eksklusif yang membuat pandangan anak tertutup.

Untuk itu, Makruf menuturkan, peran serta LPTK sebagai pabrik guru sangat penting. Bahan ajaran dan kurikulum di LPTK jangan hanya berpusat pada hal teknis belaka. Makruf khawatir, LPTK hanya mengajarkan tentang hal-hal teknis seperti manajemen kelas. Sementara wawasan kebangsaan dan keragaman tidak diajarkan.

“Jika calon guru hanya diajarkan cara teknis, maka mereka setelah menjadi guru

dan mendapat ajaran agama tidak maksimal tentu langsung diajarkan juga kepada anak murid. Ini bahaya. Kita minta perbaikan pabrik guru harus segera dilakukan,” ujarnya.

Selain itu, Makruf menyoroti tentang pengawasan dan pembinaan. Menurut dia, kedua hal tersebut sangat penting. Para guru harus mengikuti pembinaan secara rutin sehingga wawasan kebangsaan diperkuat dan kualitas serta mutu guru diperbarui.

“Pemerintah harus lakukan pembinaan terhadap guru. Jangan memojokkan guru tanpa ada pembinaan,” ujarnya.

 

Baca Juga :