Mendominasi Segmen Menengah Atas

Mendominasi Segmen Menengah Atas

Mendominasi Segmen Menengah Atas

Mendominasi Segmen Menengah Atas
Mendominasi Segmen Menengah Atas

PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI ) merupakan

perusahaan jaringan ritel serta distributor merek-merek fesyen, kids, lifestyle, active (sports, golf & leisure), kafe restoran, supermarket, dan departement store kelas menengah atas di Indonesia.

Perusahaan ini mengantongi hak waralaba lebih dari 150 merek

kelas dunia dan menjalankan lebih dari 100 konsep ritel. Hal ini menjadikan PT MAP pemimpin pasar dalam segmennya dengan jaringan ritel 1.886 gerai di berbagai lokasi ritel utama di 64 kota besar di Indonesia. Jumlah karyawan perusahaan dan entitas anak (grup) per 30 September 2014 adalah 23.248 karyawan.

Sejumlah brand yang hak waralabanya

dipegang oleh PT MAP di antaranya Starbucks, Burger King, Pizza Marzano, Domino’s Pizza, Krispy Kreme, Debenhams, Lotus, Seibu, dan Sogo. Ada pula Kidz Station, Barbie, Osh Kosh B’ Gosh, DKNY, Dr. Martens, Zara, Marks & Spencer, Kipling, The Athlete’s Foot, Sports Station, Converse, Reebok, dan Oakley. PT MAP juga menaungi merek Swarovski, Godiva, Alun-Alun Indonesia, Kinokuniya, The Foodhall, Daily Foodhall, Samsonite, dan Swatch.

Sementara itu, beberapa brand yang didistribusi oleh PT MAP antara lain Barbie, Disney, Airwalk, Air Jordan, Nike, Mizuno Golf, Adams Golf, Calvin Klein Golf, TaylorMade, Odyssey, Airwalk, Converse, Fila, Lotto dan brand produk dari sejumlah klub dan tim sepak bola dunia. Berdiri pada 23 Januari 1995, Mitra Adiperkasa pertama kali mencatatkan 1.160.000.000 sahamnya di Bursa Efek Jakarta pada 10 November 2004.

Pada 30 September 2014

seluruh saham perusahaan sebanyak 1.660.000.000 lembar telah dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia. Sepanjang kuartal pertama tahun ini, PT MAPI membukukan pertumbuhan pendapatan 26% dari periode yang sama tahun lalu sebanyak Rp2,11 triliun menjadi Rp2,67 triliun.

Sementara itu, laba kotor meningkat 20% dari Rp1,034 triliun menjadi Rp1,24 triliun. Sedangkan laba usaha tercatat sebanyak Rp122 milyar dengan laba bersih tercatat Rp46 miliar. Seiring perkembangan grup, PT MAP mendirikan pabrik busana kelas dunia untuk pasar domestik maupun ekspor di kawasan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.

Pabrik seluas 33.000 meter persegi ini memproduksi lebih dari 100.000 potong pakaian setiap bulan dengan lebih dari 600 operator. PT MAP telah menjalankan aktivitas CSR sejak 2011 secara berkesinambungan. Pada 2012 dengan fokus pada bidang pendidikan, MAP memberikan beasiswa kepada sejumlah anak jalanan dan melibatkan karyawan untuk membantu anak-anak jalanan belajar.

Pendidikan juga diberikan kepada orang dewasa, berupa akses pengetahuan tentang pengasuhan yang patut baik melalui penerbitan lembaran maupun buku panduan praktis pengasuhan “Lembar Kiat Orangtua Hebat” yang didistribusikan ke banyak komunitas orang tua. Sepanjang 2013, kegiatan CSR MAP lebih spesifik pada bidang pendidikan karakter yang mendasari tumbuh kembang anak agar menjadi generasi tangguh dan mandiri.

Baca Juga :