Pengertian Uang & Fungsi Uang

Pengertian Uang & Fungsi Uang

 Pengertian Uang & Fungsi Uang

 Pengertian Uang & Fungsi Uang
Pengertian Uang & Fungsi Uang

Pengertian Uang & Fungsi Uang

Jawaban tentang apa pengertian uang ; Bagaimana pendapat ahli tentang pengertian uang; apa definisi uang; bagaimana fungsi uang; Apa kegunaan dan fungsi uang.

Pengertian uang menurut Walker (1878)

bahwa uang adalah apa yang uang lakukan. Berdasarkan pengertian uang diatas, semua hal dapat dikatakan sebagai uang bila dapat melakukan fungsi uang. Maka dari itu, semua hal seperti cek, giro dan catatan bank lainnya dapat kita katakan uang karena dapat melakukan fungsi uang pula. Oleh karena itu, pengertian uang oleh Walker terlalu lebar.
Pengertian uang menurut Robertson  uang adalah komoditas yang digunakan untuk menunjukkan setiap hal (Money is a commodity which used to denote any thing) yang diterima secara luas di pembayaran untuk barang atau debit kewajiban bisnis lainnya (which is widely accepted in payment for goods or discharge of other business obligations). Berdasarkan pengertian uang oleh Robertson diatas, uang koin atau uang logam dapat dianggap sebagai uang dikarenakan diterima oleh orng banyak.
Pengertian uang oleh Crowther bahwa uang adalah segala sesuatu yang diterima secara umum sebagai  sesuatu untuk memberikan nilai tukar dan sekaligus bertindak sebagai tolak ukur dan perpindahan nilai suatu tersebut. Berdasarkan pengertian uang oleh Crowther diatas, sesuatu dapat dikatakan uang apabila memenuhi tiga fungsi dan syarat uang tersebut.
Pengertian uang menurut Seligman bahwa uang adalah satu hal yang memiliki sifat diterima secara universal. Ditambahkan oleh Ely bahwa pengertian uang adalah sesuatu yang dalam masyarakat diterima secara menyeluruh, dan terakhir ditambahkan oleh Marshal bahwa pengertian uang adalah segala sesuatu yang tanpa keraguan menjadi alat tukar berhubungan dengan pembelian atau pembayaran barang dan jasa serta beban biaya. Dari tiga tambahan definisi uang tadi, dapat dikatakan bahwa salah satu syarat dikatakan uang adalah harus diterima sang sendiri berasal dari kata moneta (latin) yang menunjukkan kepada Dewi Juno yang di Roma didirikan kuil uang. Sekarang ini, uang dalam bahasa latin digunakan kata “pecunia“. Alasannya dikarenakan dahulu kala  alat tukar menukar yang digunakan adalah hewan piaraan (Pecunia-Pecus-Cattle-Hewan piaraan).

Fungsi Uang

Fungsi uang dapat diklasifikasikan menjadi 4 macam fungsi uang yaitu:
1. Fungsi primer uang
2. Fungsi sekunder uang
3. Fungsi kontingen uang
4. Fungsi lain uang

Fungsi utama uang

Fungsi uang yang utama adalah menjadi 2 bagian yaitu:
i. Fungsi uang sebagai media pertukaran (Medium of Exchange).
ii. Fungsi uang sebagai pengukur nilai (Measure of value).

Penjelasan fungsi uang yang utama

i. Fungsi uang sebagai media pertukaran. Media pertukaran merupakan fungsi utama uang. Seperti yang dijelaskan pada pengertian uang diatas bahwa uang haruslah memiliki kemampuan untuk diterima secara meluas.
Dahulu kala, fungsi uang sebagai alat pertukaran dan pembayaran uang dan jasa yang dikenal sebagai sistem barter. Akan tetapi dengan berkembangnya teknologi, sistem barter terbukti sangat sulit dan tidak inkonvenient. Oleh karena itu, untuk mempermudah pembayaran barang dan jasa, hadirlah uang.
ii. Fungsi uang sebagai alat ukur nilai. Uang sebagai alat ukur nilai barang dan jasa. Dengan kata lain seluruh barang dan jasa dapat dinilai menggunakan uang. Oleh karena itu, dengan adanya uang, kita dapat membandingkan nilai barang satu dengan barang yang lain. Dikarenakan semuanya dapat dinilai dengan uang, kenaikan dan pergeseran harga dapat dengan mudah ditentukan.

Fungsi sekunder Uang

fungsi sekunder uang terdiri atas tiga macam fungsi yaitu:
1. Fungsi uang sebagai alat penyimpan nilai
2. Fungsi uang sebagai alat perpindahan nilai
3. Fungsi uang sebagai alat penundaan pembayaran

Penjelasan fungsi sekunder uang:

1. Uang sebagai alat penyimpanan nilai: Dahulunya kan ada sistem barter. Menyimpan barang terlebih lagi jasa untuk mempertahankan nilai dari benda apalagi jasa tersebut sangat sulit dikarenakan kualitas dari komoditas tersebut. Oleh karena itu, mengalihkan nilai barang tersebut menjadi uang dan menyimpannya lebih memungkinkan.
2. Fungsi uang sebagai alat perpindahan nilai. Uang seperti yang dijelaskan diatas dapat dikatakan sebagai alat penyimpan nilai serta sekaligus perpindahan nilai suatu komoditas. Dengan adanya uang, suatu barang dapat dipindahkan dengan bentuk nilai barang yang dikonversikan ke uang dari satu tempat ke tempat lain atau dari satu orang ke orang lain. Dan bahkan dari satu barang menjadi barang yang berbeda
3. Fungsi uang sebagai alat penundaan pembayaran. Bahasa kasaranya sih ngutang. Dahulunya ketika sistem barter masih berlaku, ngutang sangat tidak nyaman dan sulit dilakukan, sekarang ini dengan adanya uang, kita dapat melakukan peminjaman atau penundaan pembayaran seperti membeli beras dengan jalan berutang dan kemudian besoknya dibayar menggunakan uang.