Untuk Apa Guru Agama di Sekolah

Untuk Apa Guru Agama di Sekolah

Sebuah pertanyaan yang menggambarkan kerendahan hati dan keinginan untuk maju dari seorang guru Agama “Apa kelemahan saya sebagai guru sehingga pembelajaran agama di sekolah tidak menambahkan dampak secara vital terhadap pergantian akhlak siswa?”

Pertanyaan di atas adalah uraian gangguan seluruh guru agama, baik di sekolah negeri maupun swasta, apalagi untuk sekolah Islam sekalipun. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, harus di ditinjau ulang perihal eksistensi keberadaan guru agama tersebut di sekolahnya. Untuk apa guru agama berada di sekolah? Apakah keberadaan dan posisi guru agama di sekolah mirip bersama dengan guru bidang studi lainnya? contoh surat penawaran harga barang

Jika sama, maka apa yang membedakan guru agama bersama dengan guru lain? Peran dan kegunaan guru Agama tidak lebih dari cuma guru bidang studi bersama dengan 3 jam pelajaran per minggu layaknya cuma guru bidang studi kesenian, olah raga atau yang lainnya. Guru agama cuma menjadi anggota kecil dari keseluruhan proses sekolah. Inilah sumber kelemahan yang paling mendasar dari guru-guru agama di sekolah.

Untuk Apa Guru Agama di Sekolah
Perbaikan mutu pembelajaran agama di sekolah hendaknya berawal dari memperjelas keberadaan atau misi guru agama di sekolah tersebut. Jika guru agama menghendaki keberadaannya bakal sanggup merubah secara vital akhlak siswa, maka guru agama harus memposisikan diri sebagai agent of change di sekolah. Sadarilah bahwa selama ini seluruh mata siswa tertuju terhadap guru, mereka mengamati seluruh tabiat dan tunggu peran besar guru agama untuk berikan warna yang bermakna bagi kehidupan spiritual di sekolah.

Ketika seluruh guru agama di sekolah yang ada di negeri ini bersepakat dan terus menerus untuk mengemban misi sebagai agen pergantian akhlak di sekolah masing-masing, maka bakal ada kemampuan luar biasa dahsyatnya bagi pergantian tabiat atau akhlak siswa di seluruh sekolah. Misi ini harus disosialisasikan, dijaga konsistensinya dan yang lebih penting ulang diperjuangkan.

Untuk seluruh guru, Anda termasuk harus merenungkan keberadaan Anda di sekolah tempat Anda mengajar. Untuk apa Anda berada di sekolah itu? Misi apa yang Anda bawa? Ingatlah! Ketika misi Anda baik dan benar maka itulah yang bakal membedakan secara bermakna Anda dan guru lainnya.