Pemakaman Ibu Ainun Habibie

Pemakaman Ibu Ainun Habibie

Table of Contents

Pemakaman Ibu Ainun Habibie

Pemakaman Ibu Ainun Habibie
Pemakaman Ibu Ainun Habibie

Pelayat terus mengalir ke kediaman BJ Habibie di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, meski jenazah Ibu Hasri Ainun masih berada di Jerman, Senin (24/5/2010). Jadwal prosesi pemakaman telah disiapkan oleh keluarga, yaitu:

1. Jenazah tiba di rumah duka Jl  Patra Kuningan XIII/3 Komplek Pertamina, Kuningan, Jakarta Selatan, pada hari Selasa 25 Mei 2010 sekitar pukul 06.00 WIB.

2. Pukul 10.45 WIB jenazah diberangkatkan dari kediaman menuju TMPN Kalibata.

3. Pukul 11.00 WIB prosesi upacara kenegaraan pemakaman jenazah yang akan dipimpin oleh inspektur upacara Presiden RI.

“Kepada segenap sanak famili, keluarga, kerabat, kolega serta handai taulan yang berkenan akan hadir untuk memberikan penghormatan terakhir dapat memanfaatkan kesempatan hadir di rumah duka atau lansung di lokasi TMPN Kalibata,” demikian penjelasan resmi keluarga BJ Habibie.

Sementara itu, KBRI di Jerman menyatakan, pengurusan surat-surat terkait jenazah almarhumahdiharapkan dapat secepatnya diselesaikan. Dengan demikian, pada tanggal 24 Mei 2010, jenazah dijadwalkan dapat diterbangkan ke Jakarta.

Pemandian, pengkhafanan dan penyegelan peti jenazah Almarhumah dilakukan Minggu sore di Masjid Freimann Moschee in der Freisinger Landstrasse Munchen, selanjutnya jenazah  disemayamkan di rumah duka di Heilmann Strasse 31 B, München.

Hari Senin, 24 Mei 2010 jam 08.00 waktu setempat direncanakan jenazah almarhumah akan diberangkatkan dari rumah duka untuk dibawa ke Bandara München.  Kemudian, serah terima jenazah akan dilakukan di Bandara Munchen dari pihak keluarga kepada Dubes RI Berlin, Eddy Pratomo. Dubes RI Berlin dan Ny Atik Pratomo akan mendampingi BJ Habibie dan keluarga untuk mengawal jenazah almarhumah ke Indonesia dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia. Dijadwalkan pesawat  yang membawa jenazah Ibu Ainun dan rombongan ke Jakarta tersebut akan berangkat dari Bandara Munchen jam 11.00 dan tiba di Jakarta pada hari Selasa, 25 Mei 2010 pagi.

“Senin, 24 Mei 2010 merupakan hari libur nasional di Jerman dan hal ini mudah-mudahan tidak mengganggu proses pengurusan dan pemulangan jenazah,” harap KBRI.

Baca Juga :