Ujian Seleksi CPNS di Lingkungan Pemprov Jabar Dibuka

Ujian Seleksi CPNS di Lingkungan Pemprov Jabar Dibuka

Ujian Seleksi CPNS di Lingkungan Pemprov Jabar Dibuka

 

Ujian Seleksi CPNS di Lingkungan Pemprov Jabar Dibuka

Seleksi Calon Pegawai Negara Sipil (CPNS)

di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat resmi dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Pelaksanaan akan berlangsung mulai tanggal 26 Oktober – 3 November 2018, di Sport Jabar Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda, Kota Bandung.

Uu mengatakan seleksi CPNS

tahun ini sudah mengalami moderenisasi. Sebelumnya para peserta mengerjakan soal seleksi manual menggunakan pensil dan kertas. Kali ini, masing-masing peserta telah difasilitasi sebuah laptop dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Selain itu, pada tes kali ini, setelah mengerjakan semua soal peserta langsung diberikan hasil kelulusannya.

Sehingga tidak ada waktu untuk kecemasan dalam diri para pesera

Beberapa tahun sebelumnya perlu menunggu, lulus atau tidak lulus engga,” ujar Uu saat ditemui seusai membuka seleksi CPNS, di Sport Jabar Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda, Kota Bandung, Jumat, 26 Oktober 2018.

Selain itu, Uu mengatakan pada seleksi CPNS tahun ini tentunya akan murni dari hasil kemampuan individu peserta. Tidak akan ada kecurangan dalam penerimaan para CPNS, karena hasil seleksi akan langsung diketahui sesaat setelah mengerjakan soal.

Hal-hal yang tidak diinginkan dalam penerimaan CPNS ini akan sulit

karena langsung bisa dilihat, hanya dalam waktu beberapa menit dan tidak ada jeda waktu. Oleh karena itu saya sangat bangga dengan sistem penerimaan CPNS di Jawa Barat ini,” ujar Uu.

Uu mengharapkan kepada seluruh masyarakat tidak perlu tergiur dengan orang-orang yang mengaku bisa meloloskan pada seleksi CPNS. Tidak ada dorongan lain dan tidak ada kebijakan-kebijakan lain. Pemerintah mengupayakan penerimaan melalui proses saat ini,  sehingga menutup peluang-peluang lainnya.

“Jadi lupakan dan abaikan, tidak menutup kemungkinan ada yag bergentayangan seperti itu. Masyarakat sendiri tidak usah menitip-nitip kepada para pejabat dan yang lain, karena itu tidak bisa dilakukan hal semacam ini,” ujar Uu.

Sekertaris 1 Panitia Seleksi CPNS Jawa Barat, Sumarwan Hadisoemarto mengatakan peserta yang mengikuti seleksi di Sport Jabar Arcamanik berjumlah kurang lebih 65.000 orang. Jumlah ini merupakan gabungan dari para CPNS Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Karawang, Kota Bandung, Kabupaten Subang, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sukabumi.

Sumarwan mengatakan untuk formasi Provinsi Jawa Barat peserta mencapai 27.450 dengan kebutuhan formasi sebanyak 1085 posisi. Semua peserta harus melalui tahap pertama pada tes kemampuan dasar. Tes tersebut terdiri dari tiga poin, yaitu wawasan kebanggsaan, intelegensi umum, karakteristik pribadi

“Setelah itu, peserta yang dinyatakan lulus tinggal menunggu kesempatan di waktu yang akan datang untuk pengumuman selanjutnya,” ujar Sumarwan.

 

Artikel Terkait: