Manfaat Minyak Zaitun dan Antioksidan Tinggi

Manfaat Minyak Zaitun dan Antioksidan Tinggi

Manfaat Minyak Zaitun dan Antioksidan Tinggi

Manfaat Minyak Zaitun dan Antioksidan Tinggi
Manfaat Minyak Zaitun dan Antioksidan Tinggi

 

Selain Minyak Kelapa

zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang bisa digunakan untuk mempercantik diri. Minyak zaitun yang sarat dengan nutrisi dan antioksidan tinggi menjadi sumber nutrisi yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Minyak zaitun diperoleh dari hasil penggilingan tanaman zaitun.

Minyak ini merupakan tanaman asli mediterania yang mengandung banyak senyawa baik bagi kesehatan dan kecantikan, yaitu vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh) phenolic dan zat besi. Dalam 100 mililiter minyak zaitun , terkandung 884 kalori dan total lemak 100 gram, yang dapat mencukupi 153 persen kebutuhan lemak harian tubuh. Meski kandungan lemak dalam minyak zaitun tergolong tinggi, tapi sebagian besar kandungan lemak di minyak zaitun merupakan asam lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan lemak baik.

Minyak zaitun juga merupakan sumber polifenol yang baik. Polifenol merupakan senyawa fitokimia yang secara alami terkandung dalam tanaman. Zat polifenol dari minyak zaitun yang masuk ke dalam tubuh kita juga mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Maka dari itu minyak zaitun memiliki beberapa manfaat terutama untuk kesehatan dan kecantikan kulit tubuh kamu.

Namun, meskipun sudah tau manfaat baik dari minyak zaitun, terkadang orang-orang bingung dengan cara memakainya. Tenang saja, kali ini brilio.net melansir dari berbagai sumber 15 manfaat minyak zaitun untuk kecantikan beserta cara memakainya, Kamis (22/11).

Menyembuhkan jerawat

Minyak zaitun dipercaya dapat menyembuhkan jerawat karena di dalamnya terkandung vitamin E yang tinggi. Vitamin E adalah vitamin yang baik bagi kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, sifat anti-inflamasinya berguna untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya. Kandungan antibakteri minyak zaitun pun mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri. Antioksidan dalam minyak zaitun yaitu polifenol dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, serta mencegah segala macam jenis infeksi yang biasa terjadi saat jerawatan.

Cara mengatasi jerawat dengan minyak zaitun cukup dengan cara mengoleskan minyak zaitun ke wajah yang berjerawat, lalu dipijat perlahan selama 5 menit, dan pijat dengan agak kencang selama 10 menit, diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu cuci muka dengan air hangat dan lap dengan handuk kering, setelah itu, lakukanlah pijatan sekali lagi sampai pori-pori kulit terasa lebih terbuka. Lakukanlah ini dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Atasi kulit kering

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E dan kandungan antioksidan yang tinggi, maka minyak zaitun akan bermanfaat bagi kesehatan kulit. Minyak zaitun dapat menggantikan fungsi body lotion, lho. Dengan menggunakan minyak zaitun pada seluruh tubuh, kamu akan memiliki kulit dengan kelembapan yang pas dan tidak perlu khawatir terhadap serangan radikal bebas. Karena manfaat antioksidan yang berguna mengatasi radikal bebas dan mampu untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit.

Cara memakainya sama seperti kamu saat pakai body lotion saja, hal ini bisa kamu lakukan sering-sering, minyak zaitun yang alami malah dipercaya lebih baik bagi kesehatan kulit ketimbang body lotion.

Memutihkan wajah

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk kecantikan wajah, salah satunya adalah berguna untuk memutihkan wajah. Kandungan zat polifenol dalam minyak zaitun akan membantu untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan paparan ultraviolet atau radikal bebas. Minyak zaitun pun akan membantu menghilangkan sel kulit mati di wajahmu biar wajah tampak lebih bersih dan bersinar. Kalau sudah pakai minyak zaitun, kamu tidak perlu lagi memakai produk pemutih wajah yang harganya sangat mahal atau pun melakukan suntik wajah agar wajah berubah menjadi lebih putih, cukup dengan rutin menggunakan minyak zaitun setiap hari, maka pelan tapi pasti, kamu akan mendapatkan wajah cerah secara natural.

Menghaluskan wajah

Kegunaan minyak zaitun untuk kulit wajah yang lainnya adalah bermanfaat untuk menghaluskan wajah. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan minyak zaitun yang dicampur dengan buah pepaya dan menggunakannya sebagai masker. Enzim papain terdapat pada pepaya dapat meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E nya yang berfungsi sebagai anti-oksidan akan membantu menutrisi, melembapkan dan menghaluskan kulit wajah kamu.

Nah, cara yang efektif untuk menghaluskan wajahmu dengan masker pepaya dan minyak zaitun ini adalah, pertama tumbuk pepaya hingga halus, lalu campurkan sedikit minyak zaitun jangan sampai terlalu cait, diaduk-aduk, lalu pakai saja masker pepaya dan zaitun ini. Pakai sehari sekali akan membuat wajahmu semakin halus.

Mengecilkan pori-pori wajah

Pori-pori wajah yang besar kerap kali menganggu kecantikan alami, karena pori-pori yang besar akan menimbulkan banyak minyak dan komedo yang hinggap di dalam pori-pori. Minyak zaitun ternyata bisa bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan mengatasi kulit berminyak karena pori-pori yang besar, lho. Caranya adalah mengoleskan minyak zaitun di area-area tertentu wajah kamu yang mengalami masalah pori-pori besar dan berminyak.

Sumber : http://www.ngegas.com/