Tips Bantu Anak Atasi Fobia Sosial

Bund, waspadi fobia social pada perkembangan social anak ya. Saat masa perkembangan seorang anak ini akan sering sekali muncul berbagai masalah yang sebabkan anak Anda tak berkembang sesuai umurnya, sehingga hal tersebut bisa sebabkan keterlambatan dan juga gambatan pada tahapan perkembangan yang berikutnya. Masalah atau pun gangguan tersebut bisa digolongkan dalam beberapa jenis gangguan perkembangan anak, diantaranya gangguan psikologis, gangguan perilaku, gangguan kebiasaan, gangguan kecemasan, dan juga gangguan tidur.

Tips Bantu Anak Atasi Fobia Sosial
Tips Bantu Anak Atasi Fobia Sosial

Dan salah satu jenis dari gangguan kecemasan pada perkembangan anak yakni fobia social. Fobia social ini merupakan gangguan dari perkembangan social pada anak, yang mana nantinya anak-anak aka nada dalam kondisi irasional, yakni kecemasan berlebih saat berinteraksi dengan lingkungan social.

Selain hal tersebut, fobia social yang terjadi pada anak-anak usia dini ini juga akan mengakibatkan anak menghindari orang lain yang tak dia kenal. Yang mana biasanya fobia social tersebut sangat jarang sekali alami perbaikan secara spontan. Sehingga akibatnya anak akan menunjukkan perilaku  menjauh atau pun avoidance behavior. Dimana salah satu contoh perilaku dari fobia social pada anak balita ini yang paling umum di alami anak-anak adalah rasa takut pada orang lain serta situasi social. Fobia tersebut tak sama dengan sifat pemalu ya bund. Anak-anak yang alami fobia social tersebut umumnya akan alami rasa takut yang teramat sangat sehingga anak sulit sekali untuk bertemu dengan orang baru, pergi ke sekolah, atau pun bergantung dengan teman-teman seumurannya.

Tips membantu anak atasi fobia social

  • Tips pertama untuk membantu anak atasi fobia social ini adalah orangtua bisa bersikap lebih demokratis.
  • Selain itu Anda juga bisa memasukkan jadwal sosialisasi ke dalam jadwal kegiatana anak.
  • Anda juga dapat mengenalkan anak Anda pada berbagai karakter.
  • Bermain peran.
  • Dan sering ajak anak silaturahmi ke rumah sepupu, kerabat, tetangga, bermain di sebuah taman bermain, serta tempat keramaian yang lainnya.

Bersosialisasi dengan orang lain serta lingkungan sekitar sangat penting, sebab manusia adalah makhluk social yang akan sangat bergantung sekali pada orang lain. Oleh sebab itulah orangtua harus memantau perkembangan social anaknya dari tahap ke tahap.

Bila Anda kenal istilah seperti ini “mencegah jauh lebih baik daripada mengobati”, maka sebaiknya orangtua mengimplementasikan istilah tersebut dalam strategi atau metode mendidik anak. Orangtua juga perlu pahami kebutuhan anak sesuai perkembangannya serta memperlakukan anak sesuai umurnya. Sehingga anak pun tak merasa tertekan, cemas, atau takut bersosialisasi dengan siapa pun.

Demikianlah tips bantu anak atasi fobia social yang bisa kami informasikan untuk Anda. Semoga saja bermanfaat. sumber : www.dosenpendidikan.com