Konsep Belajar Dan Kaitannya Dengan Teori Belajar

Dalam dunia pendidikan yang namanya belajar memang sangat penting karena belajar dan pendidikan memang merupakan satu aspek kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Belajar sendiri dalam dunia pendidikan tidak dapat dilakukan dengan asal – asalan. Belajar harus dilakukan dengan terkonsep.

Konsep Belajar Dan Kaitannya Dengan Teori Belajar
Konsep Belajar Dan Kaitannya Dengan Teori Belajar

Mengenai konsep belajar sendiri memiliki arti belajar dengan mengklasifikasikan stimulus, atau juga menempatkan objek – objek dalam kelompok tertentu yang akan dapat membentuk suatu konsep. Dan konsep ini merupakan suatu rancangan untuk menjalankan pembelajaran atau dalam menjalankan program pendidikan yang dianut. Mengenai konsep belajar sendiri tentu sangat berkaitan erat dengan adanya teori belajar. Lantas seperti apa hubungan diantara konsep belajar dan juga teori belajar? Berikut beberapa informasinya untuk Anda.

Keterkaitan Konsep Belajar Dengan Teori Belajar

Kajian tentang konsep dasar belajar didalam teori behaviorisme didasarkan atas pemikiran bahwa belajar sendiri merupakan suatu jenis perilaku individu atau peserta didik yang dilakukan dengan cara yang sadar dan dengan sebenar – benarnya. Peserta didik akan berlaku dengan adanya rangsangan atau stimulus sehingga dapat dikatakan bahwa peserta didik belajar jika menerima rangsangan pembelajaran dari pendidik atau guru. Semakin tepat dan semakin intensif suatu rangsangan maka akan semakin intensif pula kegiatan belajar yang dilakukan oleh peserta didik karena keduanya memang aspek yang berkaitan.

Yang sering terjadi adalah guru mengaplikasikan konsep belajar menurut teori secara tidak tepat. Hal ini karena setiap peserta didik memberikan respon tidak tepat maka guru memarahi tanpa memberikan jawaban yang tepat atas kesalahan peserta didik. Tindakan yang seperti ini merupakan tindakan yang tidak berfungsi penguat dan akan memberikan dampak negatif bagi penerapan teori belajar dan menjadi tindakan tidak profesional seorang guru. Karena itu sangat penting bagi guru memberikan respon positif dan mengarahkan peserta didik jika terjadi kesalahan agar konsep belajar juga berlaku dengan seimbang bersama teori belajar yang ada.

Sementara tentang konsep belajar menurut teori belajar konstruktivisme yaitu pengetahuan baru dikontruksi sendiri oleh peserta didik secara aktif berdasarkan dengan pengetahuan yang sudah diperoleh sebelumnya. Dan pendekatan ini juga didasari kenyataan bahwa setiap individu punya kemampuan yang mengkontruksi kembali pengalaman atau juga pengetahuan yang telah dimiliki. Karena itu dikatakan juga bahwa soal pembelajaran merupakan suatu teknik yang melibatkan peserta didik secara aktif dengan adanya mediasi dari pendidik atau guru yang membantu tumbuh kembang peserta didiknya. Dan media belajar juga menjadi aspek penting dalam hubungan sebab akibat keduanya.

Demikian sedikit informasi tentang Keterkaitan Konsep Belajar Dengan Teori Belajar. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat. Mari belajar dengan tersistem dan terstruktur dengan baik. sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/contoh-surat-kuasa/